in

Kalau Anak Masih Tidur dengan Kita (1)

tempat tidur
Berapa tahun anak Anda? 4, 5, 7, atau 10 tahun? Sudah besar ya? Tapi apakah masih tidur dengan Anda? Bukan semata karena tidak ada ruangan lain, melainkan karena memang dia tidak mau atau belum siap dipisah dengan Anda, ibunya.

Membesarkan anak dapat diibaratkan seperti menyiapkan masakan—sangat unik! Meski bahannya sama, namun citarasa masakan belum tentu sama—bergantung pada siapa yang memasaknya. Begitu pula dengan membesarkan anak. Kita boleh menggunakan metode yang sama namun hasil akhir belum tentu sama. Setiap anak unik dan mesti diperlakukan secara khusus, sesuai dengan kondisinya.

Salah satu tugas yang mesti dijalankan orang tua adalah mempersiapkan anak untuk hidup mandiri. Pada akhirnya anak akan harus hidup sebagai seorang dewasa yang bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Ia tidak lagi dapat terus bergantung pada kita sebagai orang tuanya. Nah, dalam kerangka menyiapkan anak untuk mandiri, kita pun perlu untuk mulai memisahkan anak dari kita—salah satunya adalah, tidak lagi tidur dengan kita.

Mungkin salah satu pertanyaan yang muncul berkaitan dengan hal ini adalah, pada umur berapakah anak semestinya dipisahkan untuk tidur sendiri. Sebetulnya tidak ada patokan yang jelas, pada usia berapakah seharusnya anak tidur sendiri ? Sama seperti kita tidak dapat mematok pada usia berapakah anak seharusnya makan sendiri, kita pun tidak bisa secara kaku memastikan pada usia berapakah anak seharusnya tidur sendiri.

Justru yang lebih dapat kita pastikan adalah PADA MASA AWAL SEHARUSNYALAH ANAK TIDUR DENGAN ORANG TUA—setidaknya dan sebaiknya dengan ibu. Tidur bersama orang tua memberikan rasa tenteram pada diri anak sebab pada usia awal ini, anak bergantung sepenuhnya pada kita, orang tuanya, untuk menyusui dan merawatnya. Jadi, makin dekat kehadiran orang tua, makin tenteram hati si anak.

BERSAMBUNG

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Menghadapi Orang yang Gemar Menyalahkan

Kalau Anak Masih Tidur dengan Kita (2-Habis)