Kalau Hamil Boleh Tidak Berpuasa?

0

, Kalau Hamil Boleh Tidak Berpuasa?Islam itu tidak mempersulit. Tapi agama Islam datang untuk memudahkan segala hal. Jadi bila merasa sulit pada saat menjalankan Islam berarti salah dalam memelajari dan memahaminya. Salah satu contoh Islam memberikan kemudahan bagi seorang wanita yang sedang hamil di bulan Ramadhan. Tentunya ada kriteria tertentu antara yang boleh berpuasa dan yang tidak boleh berpuasa.

Berikut beberapa kondisi yang mengharuskan wanita hamil untuk tidak berpuasa:

1. Menurunnya tekanan darah, sampai bersangkutan pingsan, pusing, atau hilangnya konsentrasi

2. Muntah yang berkelanjutan, khususnya 1/3 awal dari masa kehamilan. Muntah tersebut menyebabkan hilangnya cairan dan garam mineral, seperti sodium dan potassium. Hal tersebut sangat berpengaruh pada pencernaan dan hilangnya nafsu makan.

3. Meminum tablet yang dapat meningkatkan pembentukan kemih pada saat terjadi pembengkakan pada kedua kaki yang bukan diakibatkan sebagai gejala keracunan kehamilan. Pada saat itulah tablet-tablet itu bekerja menghilangkan unsure potassium yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang yang mengalami gangguan itu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan unsure potassium, seperti jeruk, pisang, dan tomat. Diharapkan makanan itu dapat meringankan perasaan tertekan yang menimpanya, karena berkurangnya kadar potassium dalam tubuh.

4. Terjadinya pendarahan yang dirasakan pada saat kehamilan, baik 1/3 awal maupun 1/3 akhir dari masa kehamilan. []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline