Dahsyatnya Kandungan dalam Getah Pisang

Pisang sudah tidak asing lagi bagi kita. Rasanya yang manis, membuat kita terus ketagihan. Selain itu, pencernaan untuk pisang pun sangat mudah. Ternyata selain dari rasanya yang enak, getah pisang juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh kita loh.

Baca Juga

6 Makanan untuk Darah Rendah yang Mudah Dijumpai

Pada pohon pisang terdapat berbagai kandungan yang dapat memberi manfaat bagi kita. Di dalam getahnya terdapat kandungan “saponin, antrakuinon, dan kuinon yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit (Budi, 2008). Selain itu, di dalam getah pisang juga terdapat kandungan lektin yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri agar tidak dapat masuk pada bagian tubuh kita yang sedang mengalami luka.

Getah bonggol pisang bersifat mendinginkan. Zat tanin pada getah batang pisang bersifat antiseptik, sedangkan zat saponin berkhasiat mengencerkan dahak. Pisang, terutama pisang raja, mengandung kalium yang bermanfaat melancarkan air seni. Selain itu, juga mengandung vitamin A, B, C, zat gula, air, dan zat tepung (Anonim, 2005).

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.