Kapan Anak Boleh Memakai Ponsel?

0

PONSEL, atau telepon seluler, bukan lagi barang mahal sekarang ini. Jika pun ada yang mahal, itu hanya pilihan. Namun yang pasti, baik yang mahal dan yang terjangkau harganya, semuanya menawarkan kemudahan berkomunikasi yaitu SMS dan menelepon langsung.

Nah, bagaimana dengan anak-anak kita? Kapankah mereka boleh memakai ponsel?

Coba dengarkan saja obrolan mereka. Salah satunya tak jauh-jauh dari soal gadget. Saat ini, anak-anak usia bangku SD yang memakai ponsel sudah menjadi pemandangan biasa. Bahkan, banyak anak usia 8 tahun, atau lebih muda lagi, sudah mulai merengek minta dibelikan ponsel. Sebenarnya berapa usia ideal anak untuk memakai ponsel?

Tak bisa dipungkiri, dunia teknologi juga merambah anak-anak. Mulai dari laptop, alat pemutar musik, hingga ponsel. Tapi, apakah wajar bagi anak usia di bawah 8 tahun menggunakan ponsel? Sebetulnya, belum perlu, karena anak usia 8 tahun butuh bersosialisasi dengan anak sebayanya. Bermain di taman, bersepeda, dan beragam aktivitas di luar rumah.

Anak memiliki ponsel memang baik untuk keadaan darurat, misalnya saat Anda terlambat menjemput atau si kecil tiba-tiba sakit di sekolah. Karena itu, ada baiknya bagi anak usia 8 tahun, itupun kalau memang diperlukan sekali, memiliki ponsel dengan tipe standar, yaitu hanya untuk menelepon dan menerima telepon saja.

Dan, pastikan si kecil memakai telepon hanya di luar rumah, misalnya di sekolah, atau rumah teman.

Sedangkan bagi anak yang berusia lebih tua, misalnya 12 tahun ke atas, mereka biasanya lebih mandiri dan banyak kegiatan. Tampaknya, ponsel memang cukup dibutuhkan untuk keamanan, sehingga Anda bisa mengawasi, dan lebih mudah menghubunginya.

Tapi, yang perlu kita sadari, berapa pun usia anak kita, pastikan dia juga memiliki tanggung jawab untuk bisa dihubungi atau memberikan kabar. Berikan pengertian pada si buah hati, bahwa ponsel itu adalah kepercayaan yang diberikan padanya. Dengan begitu anak-anak bisa lebih memahami makna ponsel yang diberikan untuknya, sama sekali bukan gaya-gayaan. []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline