in

Kapan Sebaiknya Anak Belajar Membaca? (1)

anak membacaSekarang ini, banyak keluarga yang menyekolahkan anaknya di tempat (di sekolah) yang dianggap bisa dengan cepat mengajari anak belajar membaca. Bahkan ada play group yang menawarkan program anak didiknya bisa cepat membaca. Kapan sebaiknya anak mulai belajar membaca ya?

Bisa membaca di usia dini mungkin bukanlah segalanya. Ada hal yang lebih penting dari kemampuan membaca, yang justru agak sering terlewatkan, yaitu bagaimana membuat anak-anak senang dengan buku dan kegiatan membaca.

Jika pembentukan kebiasaan membaca kurang dibangun, tak jarang, ada anak yang sudah bisa membaca tetapi tidak tertarik dengan buku.

Akan tetapi, tidaklah pula berlebihan jika orang tua mulai menyediakan media belajar membaca (apapun itu) pada saat anak-anak terlihat begitu antusias dengan buku dan kegiatan membaca, meskipun mereka masih berusia balita atau bahkan batita. Kontroversi tentang hal tersebut memang masih selalu hangat dibicarakan dan tak pernah ada habisnya dari waktu ke waktu. Beberapa pihak bahkan melarang orang tua atau guru untuk mengajarkan keterampilan membaca pada usia dini, dengan alasan takut anak-anak jadi terbebani, sehingga mereka menjadi benci dengan kata “belajar”.

Namun selama prinsip belajar ‘fun’ yang dikembangkan, materi apapun yang diajarkan kepada anak usia dini selalu direspon dengan baik dan anak-anak suka untuk belajar. Mengajak anak-anak untuk belajar membaca menurut saya jauh lebih baik daripada membiarkan mereka menonton TV seharian. Tanpa kita sadari sesungguhnya anak-anak juga belajar sesuatu lewat TV, yang sayangnya lebih banyak berupa hal-hal negatif daripada hal-hal yang positif. [Sumber: edukasiusiadini]

BERSAMBUNG

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Wahai Suamiku, Kau Jadikan Apa Diriku?

Kapan Sebaiknya Anak Belajar Membaca? (2-Habis)