Kata Ustadz Solmed

0

 

solmed1Oleh: Rima Rahmawati

Kata Ustadz Solmed adalah salah satu program di SCTV yang tayang setiap pukul 04.00 dini hari. Ini adalah kali pertama aku menonton program tersebut. Ya, sesuai dengan nama programnya, pengisi acaranya yaitu Ustadz Shaleh Mahmoed atau yang sering dikenal dengan sebutan Ustadz Solmed. Saat itu yang menjadi bintang tamu pada acara tersebut adalah Zul (vokalis Zivilia Band). Dan dihadiri pula oleh ibu-ibu dari Majelis Ta’lim Ar – Rahman.

Sebelum acara dimulai, disajikannya sebuah cerita yang menggambarkan bahwa Zul sedang sakit meriang akibat kecapean dan banyak bergadang. Aku yang saat itu belum paham maksud alur acara tersebut, sempat kebingungan. Sebenarnya acara apa ini? Dan apa tema yang akan dibawakan kali ini?

Namun setelah menyimak lebih lama, ternyata tema yang akan dibahas adalah “Menjaga Sakit dan Mengobati Sakit”. Ustadz Solmed memaparkan bahwa kesehatan itu sangatlah mahal dan amat berharga. Terkadang kita tak pernah menyadarinya ketika kesehatan kita sedang baik. Namun, setelah Allah memberikan cobaan berupa sakit, barulah kita menyadarinya.

Penyakit yang datang kepada diri kita itu dapat berupa penyakit jasmani dan penyakit rohani. Untuk mengobati penyakit jasmani mungkin bisa dibilang mudah, karena penyakitnya nampak dan dapat di diagnosa. Namun, sangatlah sulit untuk mengobati penyakit rohani. Nah lho, kenapa demikian? Karena penyakit rohani atau yang biasa di sebut dengan penyakit hati ini sulit terdeteksi. Ini cenderung merugikan bagi diri sendiri khususnya. Karena penyakit hati bisa menyebabkan penyakit fisik juga.

Bagaimana tidak, mari kita ambil contoh. Iri hati. Ketika diri sudah terserang penyakit yang satu ini, maka selalu timbul kebencian dalam diri ketika orang lain mendapatkan kebahagiaan. Orang yang iri hati akan selalu berpikir, bagaimana cara untuk membuat kebahagiaan orang lain itu hilang. Nah, saking seringnya berpikir, kepala selalu terasa pusing. Lama kelamaan bisa terserang stroke atau mungkin yang lebih daripada itu. Pokoknya merugikan banget jika diri sudah terserang penyakit hati.

Timbullah pertanyaan “Bagaimana cara mengobatinya?”. “Benahi hati.” Itulah yang diucapkan Ustadz Solmed kepada para hadirin. Dengan membenahi hati kita, memperbanyak istighfar, bersyukur dengan yang kita punya, maka kita akan terhindar dari penyakit hati.

Lalu, “Seperti apa Islam mengajarkan pola hidup sehat untuk jasmani dan rohani?”. Dalam islam, pola hidup sehat itu sudah ada bahkan sebelum ilmu kedokteran muncul. Salah satu dari pola hidup sehat adalah pola makan yang di contohkan oleh Nabi kita tercinta, Muhammad saw. Beliau mengajarkan kita untuk mengunyah 33 kali ketika kita makan. Itu ditujukan agar usus-usus dalam perut kita tidak bekerja terlalu ekstra dalam mencerna makanan yang kita makan. Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

Sakit yang diberikan Allah kepada kita adalah suatu bentuk kasih sayang-Nya terhadap makhluk-Nya. Agar kita sadar, bahwa kita ini makhluk yang sangat amat lemah dibanding Allah SWT. Kalian pasti masih ingat kisah Raja Fir’aun, yang semasa hidupnya tidak Allah berikan cobaan berupa sakit. Hingga akhirnya dia mengaku sebagai Tuhan, akibat dari kesombongan dirinya. Allah juga menjadikan sakit sebagai penggugur dosa, seperti noda-noda besi yang hilang akibat dibakar. []

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline