Kemuliaan Ibadah haji (1)

0 326

haji mekkahHaji merupakan ibadah agung yang diwajibkan Allah kepada seluruh hamba-Nya sekali seumur hidup. Ia mencakup berbagai perkara yang berhubungan dengan harta dan jiwa. Dimana semua orang berlomba-lomba untuk bisa pergi ke tanah suci.

Perjuangan secara lahiriah, batiniah, hingga satu jalan yang dirintis selama bertaahun-tahun itu dapat terealisasikan. Bagaimanapun cara Allah dalam menyampaikan undangannya.

Disebutkan dalam sebuah riwayat Nabi Saw, “Umrah yang satu dengan umrah yang lainnya merupakan penghapus dosa yang dilakukan diantara keduanya, dan haji mabrur itu tidak ada balasan baginya kecuali surga.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw ditanya tentang amalan paling baik, maka beliau menjawab, “Beriman terhadap Allah dan Rasul-Nya.”

Ditanyakan lagi, “Lalu apa lagi?”

Rasulullah menjawab, “Jihad di jalan Allah.”

Ditanyakan lagi,” Lalu apa lagi?”

Rasulullah menjawab, “Haji mabrur.”

Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa menunaikan ibadah haji karena Allah, lalu dia tidak berbuat keji dan fasik, maka dia telah kembali seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa haji mabrur adalah haji yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan Sunnah Rasulullah. Diantara ciri-cirinya yaitu, setelah selesai melaksanakan ibadah haji, orang itu menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Jika kondisi seseorang berubah setelah berhaji, dari buruk menjadi baik atau menjadi lebih baik lagi maka hajinya mabrur.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline