Kenalkan Nasyid Yuk Pada Anak!

0

 

, Kenalkan Nasyid Yuk Pada Anak!Coba periksa, bisa jadi anak-anak kita lebih asyik dengan lagu-lagu pop yang ada sekarang ini. Atau paling tidak, mereka hanya akrab dengan pop religi dari grup-grup rock yang ada. Kenalkan mereka yuk pada nasyid, nasyid zaman dulu yang menggelorakan dakwah setiap waktu, bukan nasyid cemen mendayu-dayu, yang melulu bicara percintaan.

Nasyid dipercaya sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad. Syair thola’al badru ‘alaina yang artinya “telah muncul rembulan di tengah kami” yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta’lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah.

Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.

Pengertian Nasyid

Nasyid (Arab: أناشيد) merupakan senandung yang biasanya bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang berkaitan dengan dengan islam lainnya.

Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela Atau dengan  diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

Pada awalnya sejarah nasyid pertama kali di bawakan dengan alunan bercorak padang pasir, tetapi kini kumpulan team nasyid  telah membawa perbagai  bercorak baru untuk para pendengar. Pembaharuan ini menjadikan lagu-lagu nasyid lebih menarik dan bersifat lebih daya saing dalam bidang seni.

Masuknya Nasyid ke Indonesia

Awal masuknya nasyid di Indonesia diperkirakan pada akhir tahunan 80an dan awal 90an, yaitu nada murni ( dari malaysia ) dan untuk tim nasyid dari nusantara sendiri itu adalah tim nasyid Izzatul Islam dan Snada. Keduanya masih eksis sekarang namun tidak banyak dikenal oleh anak-anak muda.

Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad).Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.

Nah, mungkin tugas kita untuk mengenalkan nasyid kepada anak-anak kita. []

 Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.