in

Kenapa Harus Nama Ibu?

aplikasi bank

Anda pernah membuat rekening tabungan di bank atau kartu kredit? Ada salah satu pertanyaan yang selalu sama diajukan ketika mengurus dokumennya: siapa nama ibu kita?

Pertanyaan ini tentunya menggelitik. Kenapa harus ibu? Kenapa bukan ayah yang ditanya?

Beberapa jawaban yang ada di yahoo answer, kira-kira seperti ini jawabannya : pencantuman nama ibu kandung adalah untuk data rahasia bank alias password. Nah, biasanya kalo kita mengambil uang dalam nominal yang cukup besar atau kita melakukan transaksi via telepon banking maka pihak bank akan menayakan atau verifikasi data-data pribadi account (rekening) untuk keamanan, seperti “nama gadis ibu kandung”.

Bank tidak akan menayakan pin atau password kita sebab itu adalah hak pribadi nasabah. Nah nama gadis ibu kandung adalah bukan nama yang sudah diembel-embeli nama suami (untuk wanita) tapi data nama ibu kandung hal juga berlaku bagi pria.

Seperti disebutkan di atas kenapa bukan bapak kandung? Sebab bila ditanyakan nama ayah/bapak, itu gampang sekali untuk dijawab. Sementara nama nama ibu lebih pribadi dan rahasia dan tidak semua orang mengetahuinya.

Berkaitan dengan hal seperti ini, disarankan terutama kepada yang hobi bermain di sosial networking seperti facebook agar jangan sekali-kali mencantumkan nama ibu kandung kita. Sebab itu sangat fatal dan riskan bila disalahgunakan oleh orang untuk mencuri /phising yang bisa berakibat jebolnya rekening tabungan atau kartu kredit kita.

Selain itu data-data sensitif lainnya seperti identitas anak, tanggal lahir baik anak, suami/istri juga sebaiknya jangan dipublikasikan di media umum. [Sumber: ellaningrum.tumblr]

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Wah Asyik, Bebek Peking Nih!

Ini Sebabnya Mengapa Seorang Ibu Itu Istimewa (1)