Kenapa Kita Butuh Istirahat?

 

, Kenapa Kita Butuh Istirahat?Istirahat memang sebuah kata yang enak didengar dan dilakukan. Jika istirahat dilakukan dengan porsi yang sesuai, maka tentu akan memberikan suasana yang baru pada kita. Saya kira, aplikasi kata istirahat ini sangat luas. Bisa manusia, bisa juga alat. Bahkan dalam sholat, ada duduk istirahat, ketika kita akan berdiri setelah sujud kedua. Apa sih makna dan hakikat istirahat?

Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.

Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita itdur dengan tenang (tanpa beban)

Salah satu hormon yang penting lainnya adolah Kortisol, dimana waktu produksi terfingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya.

Dan ternyata tidak semua istirahat diperlukan karena kita telah bekerja atau sibuk dengan berbagai aktivitas. Istirahat juga dibutuhkan ketika kita tidak ada aktivitas apapun, secara ekstrem. Jika bekerja membutuhkan istirahat, maka bagaimana dengan kegiatan bersantai-santai? Tentunya dan pastinya iya. Karena bersantai terus-terusan tentu capek juga kan?

Ramadhan ini adalah istirahat yang bermakna untuk tubuh kita. Setelah selama 11 bulan kita terus membawa tubuh kita untuk bekerja, maka 1 bulan ini untuk beristirahat dari kegiatan badaniah yang hakiki. [berbagai sumber]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.