in

Kentang Goreng Renyah Olahan Sendiri

Kentang goreng biasanya sering kita dapatkan dari supermarket atau juga di gerai-gerai makanan cepat saji. Tapi kita sebenarnya bisa juga menghadirkan kentang goreng di rumah sendiri yang tak kalah renyah dan gurih lho. Coba saja resep di bawah ini.

Bahan-bahan:
-Kentang mentega (sebenarnya kentang apa saja juga bisa tapi kentang mentega mempunyai rasa yang lebih enak dan berukuran besar, cocok untuk jadi kentang goreng)
-Air untuk merebus
-Tepung Terigu serbaguna
-Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya
-Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
2. Rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam, ketika airnya mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Aku dan Soulmate

Barbie dan Ken dari Negeri Ginseng