Ketika Kita Berbohong, Ini yang Terjadi pada Tubuh Kita

0

, Ketika Kita Berbohong, Ini yang Terjadi pada Tubuh Kita

Kita sering sekali diajarkan dan melihat di berbagai media bahwa berbohong bukanlah hal yang baik seperti dapat merugikan kita dan orang lain. Tapi apa yang sebenarnya terjadi secara nyata ke tubuh kita pada saat kita berbohong?

Membebankan ke otak atau pikiran Anda

Baik Anda percaya atau tidak, Berbohong membutuhkan upaya yang besar dan ketelitian tertentu. Pada saat Anda berbohong, tentu Anda harus mengingat kebohongan apa yang Anda lakukan. Tidak hanya itu saja, Anda akan mulai melakukan berbagai upaya untuk menutupi kebohongan itu.

Dimulai dari Anda harus memikirkan hal-hal apa yang harus disembunyikan agar kebohongan Anda tidak diketahui, pernyataan asli seperti apa yang dapat menutupi kebohongan itu, bertindak seolah-olah kebohongan itu nyata, dan harus mengingatnya terus menerus agar Anda tidak disebut pembohong. Ini tentu akan membutuhkan upaya dari pemikiran dan ketelitian Anda. Padahal tidak perlu melakukan ini semua jika Anda berkata jujur.

Menyebabkan stres

Sama seperti kebanyakan hal negatif lainnya, kebohongan juga dapat menyebabkan stres dan rasa tidak nyaman. Sebagai bukti nyata, Anda dapat melihat polygraph machine (lebih kita kenal sebagai “lie detector”). Walaupun alat ini disebut sebagai alat untuk mengetahui atau mendeteksi kebohongan, pada kenyataannya yang mereka deteksi bukan kebohongan itu sendiri melainkan stres yang terjadi pada saat kita mengatakan sesuatu.

Dapat mengancam tubuh Anda

Seperti yang telah diketahui secara umum, stres dapat mengancam dan merusak tubuh Anda. Dimulai dari depresi, obesitas, kondisi kulit, ketahanan tubuh menurun, masalah tidur, masalah pencernaan hingga penyakit jantung.

Mungkin pada saat Anda berbohong, Anda tidak akan langsung mengalami hal ini. Tetapi dengan menumpuk kebohongan secara terus menerus itu berarti Anda juga menumpuk beban stres secara terus menerus ke tubuh Anda dan akan memberikan efek nyata dari stres pada akhirnya. Selain itu seperti yang telah dijelaskan Anda akan membutuhkan upaya besar dari otak Anda untuk berbohong dan ini akan mendorong otak dan pikiran Anda sampai batas tertentu. [Sumber: tahupedia.com]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline