Keutamaan Berbuka Puasa

 

, Keutamaan Berbuka PuasaSalah satu hal yang ditunggu ketika berpuasa, apalagi kalau bukan berbuka. Buka puasa artinya dibolehkan untuk makan dan minum lagi. Namun selain itu

1. Menyegerakan berbuka berarti menghasilkan kebaikan

Rasulullah bersabda : “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan bahwa Abu Athiyah dan Masruq datang menemui Aisyah untuk meminta pen-dapat beliau, ia (Abu Athiyah) berkata :

2. Berbuka puasa adalah salah satu dari dua kegembiraan

“Seorang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu Rabbnya,” (HR. Bukhari).

Seorang yang berpuasa mendapatkan kegembiraan ketika berbuka, dikarenakan ia telah menyempurnakan puasanya dan telah menyelesaikan ibadahnya serta telah mendapatkan keringanan dari Tuhannya sebagai pertolongan baginya untuk berpuasa pada hari berikutnya (Lihat Tuhfathul Ahwadzi 3:396)

3. Menyegerakan berbuka berarti menyelisihi Yahudi dan Nashrani

Agama ini akan senantisa menang selama manusia menyegerakan berbuka, karena orang-orang Yahudi dan Nashrani mengakhirkannya,” (HR. Abu Daud).

Orang Yahudi dan Nashrani mereka mengakhirkan berbuka hingga munculnya bintang-bintang, sebagaima-na yang diriwayatkan  oleh Sahl bin Sa’ad, Rasulullah bersabda: “Ummatku akan senantiasa dalam sunnahku selama mereka tidak menunggu bintang ketika berbuka” (HSR. Ibnu Hibban). []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.