Keutamaan Makan Sahur

0

Rasulullah saw. bersabda: “Makan sahur itu mengandung berkah, karena itu jangan kamu tinggalkan walaupun hanya minum seteguk air, karena Allah merahmati orang-orang yang sahur, dan malaikat mendo’akan orang-orang yang sahur. (HR. Ahmad)

Hadis lain menyebutkan. Dari Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya mengirimkan rahmat kepada orang-orang yang makan sahur (alhadis)

Hadis yang lain lagi menyebutkan. Rasulullah saw. bersabda: “Perbedaan antara puasa yang kita lakukan dengan puasa yang dilakukan oleh Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) adalah dalam makan sahur yang mereka tidak melakukannya.

Antara hikmah meng akhirkan sahur adalah:
1. Sekiranya seseorang bangun awal untuk sahur, tentu sekali setelah selesai bersahur dia akan kembali ke tempat tidur. Hal ini memungkinkan seseorang itu meninggalkan solat Subuh.

  1. Mengakhirkan sahur juga boleh menambahkan kekuatan bagi orang yang berpuasa. Sekiranya seseorang bersahur terlalu awal maka ia akan menyebabkan seseorang itu cepat merasa lapar, dahaga dan keletihan pada siang harinya.

Ibnu Hajar ra. menyebutkan keuntungan dari makan sahur:
Makan sahur berarti kita melaksanakan sunnah

Makna sahur berarti kita membedakan diri dengan cara puasa Ahli Kitab yang mereka tidak melakukannya. Kita selalu diperintahkan untuk selalu berbeda dengan mereka.

Baca Juga

Makan sahur akan menambah kekuatan untuk beribadah

Makan sahur akan meningkatkan keikhlasan dalam beribadah

Makan sahur akan menghilangkan marah akibat perasaan lapar

Apabila seseorang yang membutuhkan datang kepada kita pada saat sahur, maka kita dapat menolongnya. Atau mungkin di antara tetangga kita ada yang fakir atau miskin, maka kita dapat membantunya.

Waktu sahur adalah waktu diijabahnya do’a

Makan sahur akan menyebabkan seseorang mendapat taufik untuk berdo’a dan berdzikir kepada Allah swt.
Suatu ketika salah seorang sahabat mengunjungi Rasulullah saw. yang saat itu sedang makan sahur. Kemudian Rasulullah saw. bersabda: “Inilah perkara yang penuh dengan keberkahan yang telah dikaruniakan Allah kepadamu. Janganlah kamu meninggalkannya”.

Perintah makan sahur begitu besar, sehinga Rasulullah saw. selalu mendorong para sahabat untuk selalu makan sahur, seingga beliau bersabda: “Jika tidak ada halangan, maka bersahurlah walaupun hanya dengan sebiji kurma atau seteguk air”.

Wallahu’alam Bisshowab.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.