Keutamaan Orang Tua dari Anak Penghafal Quran

, Keutamaan Orang Tua dari Anak Penghafal Quran

Orang tua Muslim manapun tentu ingin anaknya menjadi seorang penghafal Quran. Tahukah Anda, orang tua yang mengajarkan Al-Qur’an pun akan mendapatkan keutamaan yang besar, diantaranya:

1. “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

2. Dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat

“Siapa yang membaca Al Quran, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini?’ Dijawab, ‘Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Quran.’” (Riwayat al-Hakim)

3. Mendapatkan amal jariyah berupa pengajaran ilmu:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

“Barangsiapa yang mengajak kepada suatu petunjuk, maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala-pahala mereka. Shahih Muslim, Kitab al-Ilm, Bab Man Sanna Sunnatan Hasanatan au Sayyiatan, 4/2060, no. 2674. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.