Khadijah, Fathimah, Aisyah, Ummu Salamah; Yang Mana Diri Kita?

TIDAK pelak lagi, Islam menyebar ke penjuru dunia karena kehadiran ummahat yang luar biasa tangguh, teguh, dan penuh dedikasi. Kiprah mereka akan selalu dicatat oleh tinta emas sejarah Islam, karena begitu banyak memberikan warna dan amal sholehah dengan kapasitasnya masihg-masing.

Yang pertama adalah Khadijah binti Khuwailid ra. Beliau adalah seorang wanita mulia, pengusaha sukses di zamannya. Kecemerlangan pikiran dan kemampuan intelektualnya membawa bisnisnya berkembang sampai ke Yaman dan Syiria. Dialah orang yang pertama beriman terhadap Rasul.

Wanita yang kedua adalah sosok wanita kuat, pendukung dakwah Islam, pengobat hati dan luka Rasulullah Muhammad SAW, kedermawanannya pada fakir miskin menjadi sejarah. Dialah Fathimah binti Rasulullah SAW. Di zamannya lazim seorang ibu dibantu oleh khadimah (pembantu). Namun ia menangani urusan rumah dan anak-anaknya tanpa khadimah, melainkan dibantu kekuatan hati dengan dzikir yang diajarkan ayah tercintanya.

Wanita ketiga adalah wanita cerdas luar biasa. Dia laksana lautan dalam ilmu dan taqwa. Dialah rujukan para shahabat yang bertanya tentang ilmu, setelah wafatnya Rasulullah. Dialah Aisyah ra, guru dari generasi terbaik sepanjang masa, yang muridnya tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Wanita keempat adalah seorang delegasi Islam ke luar negeri, bersama suaminya ia turut menjelajah dunia. Kemampuannya berdiplomasi bahkan pada pemimpin negara. Dialah Ummu Salamah yang pada akhirnya juga menjadi istri Rasulullah SAW.

Nah, termasuk yang mana diri kita? []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.