Kiat Jadi Remaja Muslim yang Sukses

, Kiat Jadi Remaja Muslim yang SuksesRemaja adalah masa-masa yang sangat sensitif sekali, apa-apa yang diinginkan harus dikabulkan. Karena kalau tidak, ia akan memberontak. Pada masa remaja inilah, kita harus menghiasinya dengan segala hal yang positif, supaya kelak bisa menjadi orang sukses.

“Sukses adalah proses perjuangan untuk menjadi lebih”. Kesuksesan adalah dambaan setiap orang. Sukses belajar, bekerja, atau sukses dalam bidang-bidang lain.

Mental yang membaja adalah salah satu kunci sukses dalam kehidupan. Tetapi, hanya akan membawa kehancuran dan malapetaka. Supaya umat islam maju dan dapat bersaing di dunia, maka umat islam harus memperkuat mentalnya, mengubah mental yang lemah menjadi kuat dengan didasari iman dan taqwa kepada Allah. Sebab hanya dengan mental yang kuat yang didasari iman dan taqwalah yang akan dapat membawa manusia kepada kesuksesan dan kebahagiaan.

Ada 4 langkah untuk mencapai kesuksesan

1. Berpikir ikhlas dan positif, stabil menghadapkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.

Pada saat pertama kali mencoba taat kepada Allah, mungkin kalian merasa berat. Tabah dan sabarlah menghadapinya, sampai ketaatanmu kepada Allah menjadi suatu kebiasaan yang kalian lakukan dengan penuh kesadaraan.

Sesungguhnya didalah ketaatan kepada Allah itu tersimpan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak dapat dicapai, kecuali dengan berulang kali menghadapi cobaan. Yakinlah dengan teguh dan mantap, bahwa kebaikan itu adalah apa yang Allah pilihkan buatmu, bukan yang engkau pilih buatmu sendiri. Jangan mengikuti hawa nafsu, jangan mengerjakan sesuatu yang tidak berguna, dan jangan taat pada makhluk baik mulia atau hina (dalam pandanganmu), sehingga menghalangi dirimu untuk taat dan beribadah kepada Allah. Selain itu, kalian wajib menaati Rasulullah SAW yang mulia. Alloh berfirman:

“Barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan barangsiapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih,” (QS. Al-Fath 48:17).

2. Berbakti kepada orang tua

Salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan adalah berbakti kepada kedua orang tua, karena anak yang berbakti kepada orang tuanya akan mendapatkan rezeki yang penuh berkah dari Allah. Nabi SAW bersabda:

“Dari Anas r.a. ia berkata: “Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada orang tuanya dan menyambung tali silaturahmi”.

3. Menuntut ilmu

Dalam sebuah ungkapan yang sangat populer dikatakan:

“Barangsiapa yang menghendaki keberuntungan dunia, maka harus dengan ilmu pengetahuan, dan barang siapa yang menghendaki keberuntungan di dalam kehidupan akhirat, maka harus dengan ilmu pengetahuan. Dan barangsiapa yang menghendaki keberuntungan dunia dan akhirat, maka harus dengan ilmu pengetahuan.”

Berdasarkan ungkapan di atas, jelaslah bahwa ilmu pengetahuan adalah salah satu kunci pembuka kesuksesan dan membawa kita mencapai derajat yang tinggi. Allah berfirman.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al- Mujadalah 58 :11).

Allah telah meletakkan dalam akal dan fitrah manusia anggapan yang baik terhadap kejujuran, keadilan, kebaikan, kehormatan diri, keberanian, kemuliaan akhlak, penuaian amanat, dan menyambung silaturahmi.

Tapi, ingatlah! Jika kalian mempunyai ilmu pengetahuan, maka engkau harus tawadu’ (rendah hati), karena tawadu’ dan akhlak yang mulia itu adalah hiasan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang baik dan dibarengi dengan ketaqwaan kepada Allah adalah salah satu kunci kesuksesan dunia dan akhirat.

4. Gemar membaca

Membaca adalah salah salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan, sebab membaca menyebabkan kita mendapat ilmu pengentahuan. Dengan ilmu pengetahuan, manusia akan meraih berbagai kemudahan dan keberuntungan didalam kehidupan, mencapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Allah berfirman:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya,” (QS. Al-Alaq 96:1-5).

Islam bukan hanya sebuah agama, tetapi sebuah “peradaban”, sementara eksistensi suatu peradaban sangat dipengaruhi kesadaran membaca pemilik peradaban ini. Semakin banyak seseorang membaca, maka semakin tinggi pula peradabannya.

Bahan bacaan yang harus kalian baca jangan sembarangan. Pilihlah bacaan-bacaan yang dapat memberikan dukungan bagi kesuksesan kalian seperti ayat-ayat Allah, baik ayat yang difirmankan (al-quran) atau ayat-ayat kauniyah yang berupa alam semesta di sekeliling kita. Selain itu, bacalah buku-buku atau tulisan-tulisan yang dapat memberi banyak informasi tentang ilmu pengetahuan.

Dengan membaca, pengetahuan dan ilmu kalian akan bertambah. Selanjutnya ilmu pengetahuan ini akan memberikan pengaruh kepribadian dan kematangan pola pikir kalian. Dengan banyak membaca, kalian akan mengetahui cara dan langkah yang tepat untuk mengembangkan kepribadian dalam rangka menggapai dunia dan akhirat. [ak]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.