Konsumsi Pil Penghalang Haid Supaya Bisa Puasa, Bagaimana Hukumnya?

0

 

pilSebagian muslimah, merasa rugi jika tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Padahal seperti kita ketahui, muslimah tidak berpuasa karena  sedang ada sebab yang mewajibkannya untuk tidak berpuasa, yaitu haid.

Karena perasaan inilah, ia lalu mengambil cara lain  dengan mengkonsumsi pil penghalang haid, hingga ia bisa berpuasa penuh di bulan Ramadhan, dan tidak ada tanggungan hutang.

Bagaimana para ulama memandang dalam masalah ini? apakah boleh seorang muslimah melakukannya?

Ditinjau dari segi medis, hal ini sudah helas membahayakan seorang wanita, karena akan mengakibatkan ketidakteraturan haid, belum lagi bahaya yang lain.

Dari segi syar’i, para ulama berpendapat tidak boleh bagi seorang muslimah mengonsumsi pil penghalang haid.  Maka bagi seorang muslimah, beristislam ‘menerima keputusan Allah’ dengan senang hati, meninggalkan puasa dan sholat untuk kemudian setelah ramadhan, ia mengqodho puasanya, pendapat ini lebih berhati-hati.

Tetapi, jika ternyata pil tersebut tidak mengakibatkan efek apa-apa baginya, maka bagi golongan ini, para ulama’ membolehkannya, dengan syarat tidak menimbulkan efek bahaya baginya. []

 

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline