Koprek; Tradisi Unik Di Bulan Ramadhan

Oleh : Kang Harjho

Berbicara soal indahnya Ramadhan, saya sering teringat ketika dulu waktu masih dikampung, salah satu desa dekat gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat, tepatnya Desa Rajadanu. Dulu ketika usia saya masih belasan, #hmmm berasa tua ni kayaknya haha… kami punya tradisi yang unik untuk membangunkan orang sahur.

Satu atau dua Minggu sebelum Ramadhan tiba, anak-anak yang berusia belasan sudah mulai sibuk untuk membentuk grup-grup yang nantinya setiap malam mereka akan berkeliling Desa untuk membangunkan orang sahur, kami menyebutnya dengan istilah “KOPREK”.

Dalam kegiatan koprek tersebut kami memakai salah satu alat yang di Desa kami sendiri disebut “Kokol”, yaitu alat yang terbuat dari bambu yang diberi lubang sedikit panjang di tengah-tengahnya dan ditabuh menggunakan kayu kecil. Kokol tersebut dipadukan  dengan semacam gendang tradisional, atau kalau tidak punya ya diganti dengan jeligen besar yang sering digunakan orang untuk wadah minyak itu lho. Yang penting suaranya mirip gendang hehehe…

Kombinasi antara kokol dan jeligen menghasilkan nada yang cukup asyik untuk dikombinasikan dengan lagu dangdut, makanya sambil berkeliling biasanya kami bernyanyi sepanjang jalan.

Setiap malam kami berkeliling desa, mulai dari hari pertama Ramadhan hingga hari terakhir (jika tidak ada halangan seperti hujan dan lain sebagainya). Kami berkeliling mulai jam 2 malam hingga kurang lebih jam setengah 4, baru pada pulang untuk makan sahur dirumah masing-masing. Itu semua kami lakukan dengan ikhlas, karena pada dasarnya memang tidak ada yang menyuruh ataupun yang melarang kami melakukan koprek tersebut.

Yang terpenting dari itu semua sebagai kunci bahwa koprek kita itu disukai warga atau tidak. Ketika kita tidak koprek karena alasan tertentu seperti hujan atau kesiangan, maka warga desa akan banyak yang menanyakan kenapa tadi malam tidak koprek? Jadi banyak warga yang sahurnya kesiangan deh! Nah, itu sebagai bukti bahwa mereka menyukai grup tersebut. Dan Alhamdulillah, grup koprek saya termasuk salah satu grup favorit dikampung saya waktu itu.. hehehe… []

 

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.