Lima Amalan Utama di Bulan Ramadhan

0

 

, Lima Amalan Utama di Bulan RamadhanRamadhan adalah bulan yang istimewa. Ini dikarenakan begitu banyaknya kelebihan pahala ibadah di bulan ini dalamnya dibanding bulan-bulan yang lain. Hal ini disadari oleh umat muslim sehingga dimanfaatkan untuk berlomba-lomba mengerjakan ibadah lebih intens selama bulan penuh berkah tersebut.

Ada beberapa amalan ibadah utama, selain berpuasa tentunya, di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk ditingkatkan selama bulan tersebut. Berikut ini beberapa Amalan Ibadah Utama di Bulan Ramadhan di antaranya:

1. Membaca Al-Quran/Tadarus

Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Malaikat Jibril mengunjungi Rasulullah SAW tiap malam pada bulan Ramadhan untuk bertadarus. Pada jaman Rasulullah, para Sahabat biasa mengkhatamkan Qur’an dalam bilangan hari. Utsman bin Affan mengkhatamkan Qur’an setiap hari pada bulan tersebut, sahabat lain ada yang 3 hari dan yang lainnya 10 hari.

2. Sedekah dan memberi makan orang yang berbuka puasa

Rasulullah SAW memberitahukan bahwa memberi bukaan puasa bagi yang berpuasa akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Kemudian hadits dari Ibnu ‘Abbas RA mengatakan betapa sifat kedermawanan Nabi SAW semakin menjadi saat bulan Ramadhan.

3. Qiyamur Ramadhan/Tarawih dan Memperbanyak Doa

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana siang dan malamnya terdapat waktu-waktu yang utama untuk berdoa:

1. Saat Berbuka

2. Sepertiga malam terakhir

3. Memohon ampun di waktu sahur

4. Mengerjakan Umrah

Umrah pada Ramadhan (pahalanya) sama dengan (pahala) mengerjakan haji atau mengerjakan haji bersamaku’ (HR Bukhari)

5. I’tikaf

Rasulullah SAW senantiasa beri’tikaf pada bulan Ramadhan selama 10 hari. Dan pada tahun akan diwafatkan, beliau beri’tikaf selama 20 hari (HR. Bukhari dan Muslim). [berbagai sumber]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.