Macam-Macam Alergi dan Cara Mengatasinya

0

Alergi adalah hal yang membuat kita rentan akan sesuatu. Entah itu karena makanan, cuaca, lingkungan sekitar, ataupun psikis. Ada orang yang mengatakan bahwa alergi terjadi karena daya imun tubuh kita sangatlah lemah. Akan tetapi banyak juga yang mengatakan kalau alergi karena faktor genetik atau turunan. Maka dari itu, jika orang tua kita salah satunya ada yang mengalami masalah alergi, tentu 50% pasti akan menurun ke anak-anaknya. Dan jika kedua orang tua kita yang mengalami masalah alergi, 75% kemungkinan akan menurun juga. Maka dari itu, jika mempunyai turunan alergi pada orang tua, kita sebaiknya sudah bisa mempersiapkan diri dan tahu cara penyembuhannya agar tidak terus menerus berlanjut.

Beberapa tanda-tanda terkena alergi bermacam-macam. Ada yang alergi ditandai dengan bercak-bercak merah di kulit, bentol-bentol, bersin, batuk, bahkan ada yang alergi dengan ditandai keluarnya ingus atau hidung yang meler. Ada beberapa penyebab yang bisa terjadinya alergi. Berikut kami rangkum jenis-jenis alergi yang sering kita temui di sekitar kita :

  1. Alergi makanan

alergi makanan, makanan alergi
Alergi Makanan ( source: ask Dr Makkar)

Dari beberapa macam atau jenis alergi, untuk yang mengalami alergi makanan memang cukup banyak. rata-rata yang mengalami alergi makanan itu adalah dari jenis makanan yang berasal dari laut. Penderita alergi makanan, biasanya akan merasa gatal-gatal, diare, pusing bahkan mual setelah memakan makanan yang menjadi penyebab alergi. Ada beberapa cara untuk bisa menyembuhkan alergi makanan, yaitu dengan cara mengkonsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang menjadi penyebab timbulnya alergi. Untuk bisa mengetahui Anda mengalami alergi apa, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang dicurigai Anda. Dan jika penyebab alergi tersebut muncul, berarti makanan tersebut adalah pemicunya.

  1. Alergi Dingin

alergi dingn, rumah goa es. goa es
Rumah Goa Es (source: popeti)

Selain makanan, alergi cuaca juga ada dan sudah banyak orang yang mengalami alergi jenis ini. Biasanya orang yang terkena alergi dingin ditandai dengan kulit yang memerah, biduran, dan juga gatal-gatal. Mungkin untuk orang yang mengalami alergi dingin, tidak serumit menangani orang yang alergi terhadap makanan. Ada dua cara yang bisa untuk menyembuhkan alergi dingin. Yang pertama adalah dengan cara mengkonsumsi obat tertentu yang disarankan oleh dokter, dan yang kedua adalah dengan cara menghangatkan diri. Menghangatkan diri bisa dilakukan dengan cara memakai jaket atau selimut untuk beberapa menit sampai alerginya sembuh.

  1. Alergi Obat

alergi obat, alergi pada obat
Alergi Obat (source: pengobatan alergi)

Untuk alergi obat, gejalanya hampir sama dengan alergi dingin, yaitu kulit memerah, gatal-gatal, biduran ditambah lagi dengan wajah yang membengkak, sesak napas dan penyempitan saluran pernapasan. Untuk bisa mengetahui alergi obat ini, harus dilakukan tes provokasi obat yang harus didampingi oleh sang ahli. Setelah mengetahui jenis obat yang menjadi penyebab alergi, maka hindarilah obat tersebut dan mintalah resep kepada dokter.

So jangan terlalu panik ketika alergi melanda. Tetap tenang dan coba dengan pertolongan pertama lebih lanjut langsung ke dokter.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline