Makanan untuk Buka Shaum, Adakah selain Kurma? (1-Habis)

, Makanan untuk Buka Shaum, Adakah selain Kurma? (1-Habis)Selain berbuka, sunnah mengonsumsi kurma atau seteguk air juga disunnahkan untuk sahur. Dalam hal ini keberkahan sahur juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang dapat memberikan energi yang cukup untuk menjalanai shaum, tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Kurma dan air merupakan sunnah Rasul yang menjadi pilihan terbaik dari Allah bagi para shaaimin didukung dengan bukti-bukti ilmiyah tentangnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Keterangan yang menguatkan

Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah kurma,” (HR Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi).

Barangsiapa yang tidak menemukan kurma, hendaknya bersungguh-sungguh untuk sahur walau hanya dengan meneguk satu teguk air, karena fadhilah (keutamaan) yang disebutkan tadi, dan karena sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Makan sahurlah kalian walau dengan seteguk air.”

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Tidak ada satu wadah pun yang diisi oleh Bani Adam, lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap untuk memperkokoh tulang belakangnya agar dapat tegak. Apabila tidak dapat dihindari, cukuplah sepertiga untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dalam Shahihnya yang bersumber dari Miqdam bin Ma’di Kasib). [Sumber: fdawj]

HABIS

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.