Makna Air Zam-Zam

Air zam-zam adalah air yang berada di Mekkah di dekat Ka’bah. Orang yang pergi ke sana pasti berbondong-bondong agar bisa mendapatkan air tersebut. Sebenarnya apa sih makna dari air zam-zam itu? Berikut penjelasannya.

Kata zam-zam dalam bahasa Arab berarti, yang banyak atau melimpah. Adapun air zam-zam yang dimaksud oleh syari’at, yaitu air yang berasal dari sumur zam-zam. Letaknya dengan Ka’bah, berjarak sekitar 38 hasta.

Dinamakan zam-zam, sesuai dengan artinya, karena memang air dari sumur tersebut sangat banyak dan berlimpah. Tidak habis walau sudah diambil dan dibawa setiap harinya ke seluruh penjuru dunia oleh kaum Muslimin.

Dinamakan dengan zam-zam, bisa juga diambil dari perbuatan hajar. Ketika air zam-zam terpancar, ia segera mengumpulkan dan membendungnya. Atau diambil dari galian Malaikat Jibril dan perkataannya, ketika ia berkata kepada Hajar.

Disebutkan juga, bahwa nama zam-zam adalah ‘alam, atau nama asal yang berdiri sendiri, bukan berasal dari kalimat atau kata lain. Atau juga diambil dari suara air zam-zam tersebut, karena zamzamatul ma` adalah, suara air itu sendiri.

Nama lain zam-zam, sebagaimana telah diketahui, antara lain ia disebut barrah (kebaikan), madhmunah (yang berharga), taktumu (yang tersembunyi), hazmah Jibril (galian Jibril), syifa` suqim (obat penyakit), tha’amu tu’im (makanan), syarabul abrar (minuman orang-orang baik), thayyibah (yang baik). [nj]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.