Manfaat dan Dampak Minum Kopi

, Manfaat dan Dampak Minum Kopi

Anda suka minum kopi? Tidak mengapa sih. Kopi yang dikonsumsi sesuai takaran atau atau jika dikonsumsi dengan aturan yang benar (meski tidak ada aturan soal mengonsumsi kopi), akan didapat manfaat yang begitu besar terhadap kesehatan bagi tubuh Anda.

Dari penelitian berbagai ahli, antioksidan yang terkandung di dalam kopi sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah pengaruh buruk dari radikal bebas. Nah berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh manusia serta dampak negatifnya.

Menurunkan Resiko Diabetes
Asam klorogenat yang terkandung di dalam kopi mampu menghambat penyerapan gula berlebih di dalam saluran pencernaan. Berbagai penelitian para ahli juga telah membuktikan bahwa mengkonsumsi atau meminum kopi mampu menurunkan hingga 50% dari resiko diabetes. Selain asam klorogenat merupakan zat yang berperan sangat penting dalam pembentukan insulin.

Mengurangi Resiko Serangan Stroke
Sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik ternyata lebih rendah resikonya terhadap serangan stroke dari yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu didukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia membenarkan hasil studi kasus tersebut.

Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang ditemukan dalam kopi mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi minuman kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar.

Mengurangi Resiko Liver
Kopi juga sudah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya. Hal ini di kerenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein dalam setiap biji kopi.

Dampak Negatif Mengkonsumsi Kopi Dengan Berlebihan

Diantara sekian banyak manfaat kopi bagi kesehatan bukan berarti mengkonsumsi kopi bisa seenaknya saja atau tidak ada batasan, seperti yang sudah ditulis di atas mengkonsumsi kopi dalam jumlah atau takaran yang berlebihan justru akan dapat memicu berbagai macam jenis pernyakit. Beberapa jenis pernyakit tersebut antara lain adalah insomnia, jantung berdebar, hipertensi yang mampu meningkatkan jantung dan stroke serta masalah kesehatan yang lainnya.

Kandungan kefein yang cukup tinggi pada kopi sangat tidak dianjurkan bagi ibu-ibu hamil mengkonsumsi kopi hal ini dapat menyebabkan keguguran pada janin.
Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat dan dampak buruk dalam kopi. [menu internasional]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.