Manfaat Luar Biasa Dibalik Dongeng Sebelum Tidur

0

Pekerjaan menidurkan anak terkadang merepotkan bagi orang tua, apalagi jika sang anak belum berniat tidur. Padahal, usia anak-anak yang merupakan masa keemasan untuk pertumbuhan otak dan fisiknya membutuhkan waktu tidur malam yang cukup. Menyadari akan pentingnya waktu tidur malam bagi anak-anak, banyak orang tua yang berupaya memberikan dongeng sebelum tidur untuk membujuk anak supaya tidur tepat pada waktunya.

Manfaat Dongeng Bagi Anak

Tanpa disadari, membacakan berbagai macam dongeng untuk anak secara rutin sebelum tidur memiliki manfaat yang besar bagi anak tersebut, antara lain:

  • Membuat anak gemar membaca. Anak-anak yang gemar membaca biasanya berawal dari kebiasaan orang tuanya yang suka membacakan berbagai macam cerita atau dongeng sebelum tidur. Hal tersebut terjadi karena sang anak merasa tertarik untuk mendapatkan cerita lebih banyak, sehingga lama kelamaan mereka akan mulai gemar membaca. Kebiasaan membaca tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak dan bisa meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah.
  • Mengembangkan imajinasi anak. Cerita yang terkandung dalam dongeng terkadang memang tidak bisa dilogikakan, namun cerita tersebut justru bisa meningkatkan imajinasi anak untuk menggambarkan cerita tersebut di otaknya. Untuk itu, sesekali Anda dapat melakukan tanya jawab kepada anak mengenai cerita yang telah dibacakan untuk mengetahui bagaimana cerita tersebut tergambarkan dan mengarahkan imajinasi anak ke arah yang benar.
  • Membentuk karakter anak. Memberikan cerita dongeng yang memiliki nilai teladan sangat penting bagi si kecil, misalnya dongeng tentang si kancil, siput dan kelinci, dan masih banyak lagi. Dongeng-dongeng tersebut biasanya memiliki makna atau pesan moral tersendiri, sehingga setelah membacakan dongeng sebaiknya Anda menyampaikan pesan moral dari dongeng tersebut.
  • Mengembangkan kemampuan bahasa anak. Dalam setiap dongeng yang dibacakan tentunya otomatis akan membuat anak terstimulasi untuk memahami struktur pola kalimat, intonasi membaca yang tepat, maupun menambah kosakata baru.
  • Medekatkan anak dengan orang tua. Dengan membacakan dongeng, sang anak akan merasa lebih disayang dan diperhatikan. Oleh sebab itu, membaca dongeng dapat memperkuat ikatan batin anak kepada orang tua.

Itulah manfaat luar biasa dibalik membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline