Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan

0 1.022

Selama ini, mungkin kita mengetahui manfaat dari puasa Senin Kamis adalah untuk memperlancar rezeki. Selain itu, siapa yang menjalankan puasa ini juga akan mendapat pahala, namun yang tidak menjalankannya tidak akan mendapat dosa. Ini karena puasa Senin Kamis termasuk dalam puasa sunnah, bukan puasa wajib. Selain manfaat di atas, puasa Senin Kamis juga ternyata baik bagi kesehatan tubuh, mental serta spiritual. Itulah mengapa mereka yang melaksanakannya akan dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritualnya.

 

4 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan

Berikut adalah 4 manfaat yang bisa kita dapatkan dari pelaksanaan puasa Senin Kamis secara rutin tiap minggunya.

 

  1. Pertama, puasa ini bisa membantu dalam meremajakan sel-sel kulit. Sel kulit manusia yang sudah mati tentu perlu untuk diganti atau diremajakan kembali. Tidak perlu bantuan dari obat atau produk tertentu, karena dengan hanya puasa Senin Kamis secara rutin saja sudah cukup. Ini karena metabolisme tubuh yang akan berhenti saat puasa sehingga sel-sel tubuh akan dapat bekerja dengan lebih aktif, termasuk sel-sel kulit.
  2. Kedua, puasa Senin Kamis juga dapat mengencangkan kulit. Sama halnya seperti manfaat pertama yaitu peremajaan kulit, saat berpuasa metabolisme dalam tubuh termasuk kulit akan ikut beristirahat. Ini akan membantu sel agar dapat bekerja secara lebih maksimal. Hasilnya adalah organ tubuh luar termasuk kulit akan dapat lebih kencang dan sehat.
  3. Ketiga, racun dalam tubuh akan dapat dikeluarkan. Puasa Senin Kamis akan membantu dalam mengeluarkan toksin atau racun yang terdapat dalam tubuh dan tercampur dalam darah serta lemak. Racun dalam tubuh akan dapat dikeluarkan secara efektif saat seseorang berpuasa. Ini akan menjadikan tubuh makin sehat serta bugar.
  4. Keempat, organ pencernaan akan memiliki waktu untuk beristirahat. Sama halnya seperti mesin kendaraan, organ pencernaan yang digunakan terus menerus dapat mengalami penurunan atau bahkan kerusakan. Inilah yang menyebabkan puasa Senin Kamis dapat mengistirahatkan organ pencernaan sementara waktu agar dapat bekerja dengan lebih maksimal.

 

Puasa Senin Kamis juga berperan dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, dapat pula untuk mempercantik wanita secara lebih alami karena tubuh selalu mengalami peremajaan. Manfaat lain yang bisa kita peroleh adalah membantu dalam menenangkan jiwa serta perasaan. Hawa nafsu juga akan lebih terkendali berkat rutin melakukan puasa Senin Kamis. Kita juga akan merasa lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan merasa empati yang lebih tinggi terhadap orang-orang yang kondisi hidupnya tidak seberuntung kita. Terakhir, puasa Senin Kamis akan mendorong kita agar beramal lebih banyak, terutama amalan ibadah seperti bersedekah, membaca Al Qur’an, dan lain sebagainya. Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjalankan ibadah puasa Senin Kamis.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline