Mau Bicarakan Soal Keuangan Dengan Pasangan? Perhatikan Ini

 

, Mau Bicarakan Soal Keuangan Dengan Pasangan? Perhatikan IniDi rumah tangga manapun, soal keuangan adalah fondasi. Juga dalam rumah tangga aktivis dakwah. Dalam rumah tangga yang umum, uang bisa membuat pasangan suami istri mudah sekali terlibat adu mulut, perang dingin, hubungan renggang bahkan saling baku hantam yang berujung pada perceraian, penjara sampai kematian.

Kendati materi (uang) sering diklaim bukanlah sebagai tolok ukur kuatnya fondasi rumah tangga, nyatanya uang memiliki andil sangat signifikan dalam menjaga kesinambungan hubungan. Bagaimana tidak? Hingga kini tak dipungkiri, tidak sedikit orang berumahtangga dilandasi keinginan mengubah kehidupan ekonominya. Sebab itu, ketika seseorang meretas bahtera rumahtangga, wilayah finansial menjadi hal bersama dan utama.

Menurut banyak ahli keuangan keluarga, hal-hal berikut merupakan langkah aman yang bisa ditempuh ketika kita ingin menyinggung masalah keuangan dengan pasangan:

Pilihlah waktu yang tepat

Momen sedang bersantai dan situasi tenang (rileks), biasanya membuat atmosfer hati dan perasaanpun akan terbawa tenang. Saat-saat inilah Anda bisa mengajak pasangan berbicara masalah keuangan. Atau kalau perlu, cari waktu khusus seperti setelah anak-anak tidur malam atau pada saat mereka sedang keluar rumah sementara hanya Anda dan pasangan yang tinggal di rumah.

Tunjukkan niat baik

Saat mengajak pasangan bicara soal uang, simak dan tunjukkanlah perhatian Anda. Dorong pula agar pasangan bersikap sama dengan Anda. Mulai pembicaraan dengan bercerita, bagaimana dulu orangtua Anda membicarakan masalah keuangan. Kemudian kemukan keinginan Anda untuk membicarakan masalah keuangan.

Tetap pada topik pembicaraan

Ketika Anda bicara tentang uang, usahakan tetap fokus pada topik pembicaraan tentang uang. Bersikaplah obyektif, jauhkan diri dari prasangka dan sikap subyektif. Apabila bahasan Anda dan pasangan menyinggung area sensitif, tetaplah berkepala dan berhati sejuk. [kecantikan wanita]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.