Membuat Si Kecil Menjadi Gemar Membaca Menjelang Ujian Nasional (UN)

Membaca memiliki banyak sekali manfaat, karena dengan membaca kita akan mendapatkan wawasan yang lebih luas. Banyak pepatah yang mengatakan bahwa buku sebagai jendela dunia. karena dengan membaca buku kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang dunia yang ada di sekitar kita. Apalagi kalau sudah menjelang Ujian Nasional.

Sebagai orang tua anda pasti akan senang sekali jika anak anda gemar membaca. Namun, bagaimana jika anak anda tidak suka membaca? Bahkan untuk memegang buku pun saja malas. Hal tersebut akan semakin membuat anda khawatir ketika menjelang waktu pelaksanaan Ujian Nasional. Ujian nasional merupakan salah satu syarat penentu kelulusan yang berlaku di negara kita.

Tips Membuat Anak Menjadi Gemar Membaca Menjelang Ujian nasional

Kepada para orang tua yang khawatir dengan anak anda yang tidak suka membaca, anda bisa melakukan tips berikut ini untuk membuat anak anda menjadi gemar membaca, bukan hanya untuk pelaksanaan ujian nasional saja, melainkan juga dapat membuat anak gemar membaca untuk seterusnya.

Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan

Suasana Menyanangkan (foto : Kesekolah)

Sebagai orang tua anda harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan ketika mengajak anak untuk membaca. Misalnya saja anda mengajak anak untuk membaca buku tentang sejarah. Anda bisa menirukan tokoh-tokoh yang ada pada buku tersebut, sehingga anak menjadi tertarik untuk membaca  cerita selanjutnya.

Jangan Memaksakan Anak Untuk Membaca

, Membuat Si Kecil Menjadi Gemar Membaca Menjelang Ujian Nasional (UN)
Anak cemberut (Foto: malangnews )

Memaksakan anak untuk gemar membaca merupakan hal yang sangat tidak baik untuk anda maupun anak anda sendiri. Sebagai orang tua sebaiknya jangan terlalu memaksakan kehendak anda untuk membuat anak anda gemar membaca. Karena semakin anda memaksakan anak untuk membaca anak semakin menolak untuk membaca. Sebaiknya anda mengajak anak membaca secara pelan-pelan.

Membangun Kebiasaan

, Membuat Si Kecil Menjadi Gemar Membaca Menjelang Ujian Nasional (UN)
Membiasakan Membaca (Foto : Nikita.id )

Membangun kebiasaan membaca memang sangat penting. Terutama membangun kebiasaan sejak dini, dapat memudahkan untuk menjadikan anak gemar membaca. Sebaiknya sebagai orang tua anda harus membangun kebiasaan di rumah untuk membiasakan anak membaca. Anda bisa membuatkan jadwal rutin untuk membaca di rumah bagi anak anda.

Membuat anak menjadi gemar untuk membaca awalnya memang sulit. Namun jika anda sabar untuk melatih anak-anak menjadi gemar membaca, anak anda perlahan-lahan akan menjadikan membaca tersebut menjadi suatu kebiasaan. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan anak anda saat menghadapi Ujian Nasional.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.