Menasihati Akhwat Senior Yang Futur

 

, Menasihati Akhwat Senior Yang FuturAssalamualaikum Wr Wb.

Bunda, saya butuh saran nih. Di lingkungan pengajian kami, ada salah seorang akhwat yang sudah kita anggap berilmu. Dia sangat dihormati karena selain supel, dia juga sholehah—InsyaAllah.

Tapi akhir-akhir ini sepertinya dia sedang futur. Memang sih, di internal lagi ada masalah yang tampaknya mengecewakan dia. Saya jadi bingung, mau menasihat tapi saya hanya seseorang yang jauh darinya. Teman-teman akhwat juga sudah mencoba menyemangati dia, tapi tetap asja dia seperti itu. Bagaimana baiknya ya? Syukron

ALFA

ALFA, memang perlu semua kita menyadari kalau pengajian kita juga kumpulan manusia yang bisa berbuat salah. Artinya, suatu waktu mungkin kita akan menemukan waktu di mana kelompok pengajian ini ternyata tidak seideal yang kita bayangkan. Cuma, kita juga jangan punya andil menanam masalah dengan meninggalkan pengajian—apalagi sampai jadi futur.

Dari persoalan ini, mungkin yang bisa Bunda sarankan adalah

Pertama selesaikan dulu masalah internal. Mungkin jika masalah kolektifnya sudah tidak ada, keadaan itu bisa membikin teman akhwat itu berbalik pikiran.

Kedua, kalau teman-teman akhwat yang lain sudah coba menasehatinya, mungkin ada baiknya minta tolong ustadzah. Mungkin saja jika yang menasehatinya orang tua bisa didengerkan olehnya. Tapi sepertinya risih juga ya kalau mesti Alfa atau teman-teman akhwat lain yang turun tangan. Bukan apa-apa, mungkin bisa jadi malah menimbulkan efek samping setelah itu.

Mungkin itu aja yang bisa Bunda sarankan sementara. Jangan bosan ya untuk selalu mengingetkan teman-teman kita yang lagi khilaf? Semoga Allah swt memudahkan langkah Alfa. []

___________________

Rubrik KONSULTASI di Rumah Keluarga Indonesia diasuh oleh Bunda Muspidah. Silakan kirim pertanyaan Anda melalui fitur KONSULTASI di bawah ini.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.