Mendampingi Anak Usia Dini Berpuasa

 

, Mendampingi Anak Usia Dini BerpuasaKita tentu anak kita yang masih kecil pun mulai turut berpartisipasi untuk berpuasa. Ini penting, agar anak terbiasa dengan lingkungan rumahnya sendiri ketika Ramadhan. Namun namanya juga anak usia dini, tentu diperlukan trik dan tips khusus mengajarinya berpuasa. 

Untuk mengisi hari-hari anak berpuasa, kita bisa memberikan permainan menyenangkan sehingga perhatian pada rasa lapar teralihkan. Misalnya, membuat kerajinan tangan dari biji-bijian, daun, manik-manik, dan lainnya.

Atau juga memberikan sesuatu yang bisa digunting, dirobek, dilem, sehingga menghasilkan hal menarik. Pilihan lainnya yaitu mengajak anak berkebun atau mengajak mereka memberikan sedekah kepada keluarga atau orang yang kurang beruntung dan biarkan mereka yang memberinya.

Melatih anak untuk memahami dan mengerti tentang puasa dibutuhkan kesabaran dan perlu penjelasan secara arif dan bijaksana agar puasa bisa diterima oleh pikiran anak-anak.

Pendekatan yang dilakukan oleh orang tua pada anak usia dini dalam pendidikan puasa haruslah bersifat dialogis tanpa unsur paksaan dan ancaman serta diperlukan latihan secara terus-menerus agar pelaksaan puasa bisa dilakukan oleh anak dengan baik dan benar.

Dari latihan terus menerus yang diajarkan oleh orang tua bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pengetahuan mereka tentang arti dan makna puasa.

Sehingga tujuan akhir dari pendidikan puasa pada anak usia dini adalah menciptakan suasana puasa yang enjoynable rasa senang dan kebahagiaan yang mereka dapatkan juga pendidikan kedisiplinan dalam melatih untuk melaksanakan kewajiban tanpa adanya unsur paksaan atau terbebani ketika mereka sudah beranjak dewasa nanti.

Satu hal paling penting adalah bagaimana mendampingi anak untuk terus berpuasa sampai waktunya ia berbuka. Ingat, ia bukan anak-anak usia tujuh atau delapan tahun. Ketika ia meminta berbuka, segera penuhi. Karena kekuatannya tentu berbeda dengan anak-anak usia di atasnya. [hamam burhanuddin]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.