Mengapa Harus Berdoa ketika Bercermin?

0

cerminHampir semua orang di dunia ini, terutama orang dewasa, baik itu laki-laki atau pun perempuan yang memiliki cermin di dalam rumahnya. Cermin ini bukan hanya dijadikan sebagai pajangan saja, melainkan untuk berias dan melihat rupa diri sendiri. Baik itu wajah maupun anggota tubuhnya.

Dalam Islam, ketika akan dan setelah melakukan sesuatu pasti ada doanya, begitu pula ketika bercermin. Kebanyakan orang Muslim lupa, atau bahkan mungkin tidak mengetahui doa ketika bercermin ini. Lalu seperti apa ya doanya?

Jika seseorang sedang bercermin, melihat wajah dan tubuhnya di cermin hendaknya membaca doa, “Alhamdulillah, kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqi.” Yang memiliki arti, “Segala puji bagi Allah, ya Allah sebagaimana engkau telah baguskan ciptaan (bentuk/ rupa) ku, maka baguskanlah akhlakku.”

Lihatlah kandungan dari doa tersebut. Dalam doa itu terdapat suatu keinginan yang sangat mulia dari seorang Muslim terhadap Tuhan-Nya. Ketika melihat rupanya yang begitu sempurna, dengan memiliki anggota tubuh yang sehat, dan wajah yang rupawan membuatnya tergerak untuk memperbagus juga akhlaknya.

Karena setiap insan yang memiliki rupa menawan belum tentu memiliki akhlak yang baik. Jadi, rupa itu bukanlah jaminan seseorang akan berada di sisi Tuhan-Nya kelak. Melainkan, yang menjadi penentu ialah akhlak yang baik.

Doa tersebut, bukan hanya dapat kita lafalkan ketika bercermin saja. Akan tetapi, ketika berada dalam keadaan apa pun kita dapat melafalkannya. Karena kandungan yang dimiliki doa tersebut merupakan doa yang baik dari hamba terhadap Allah SWT. Jadi, ingatlah kembali doa ini, dan cobalah untuk mengamalakannya. Maka, rasakanlah perubahan yang berbeda pada diri Anda. Wallahu ‘alam. [Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline