Mengapa Harus Menyusui Bayi Selama Dua Tahun?

0

Betapa luar biasanya menjadi seorang ibu. Kenapa ibu istimewa? Ini karena ada banyak hal yang hanya bisa dilakukan oleh seorang ibu saja dalam rumah tangga. Salah satunya adalah memberi susu ASI kepada bayi. Nah, dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwa menyusui itu berjalan selama dua tahun penuh. Cari tahu yuk, kenapa.

“Para ibu menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya… “ Q.S.Al-Baqarah 2:233

PEMAHAMAN AYAT

Firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 223 di atas menegaskan kepada kita penetapan masa penyusuan yaitu dua tahun penuh, apa pendapat ulama tentang masa penyusuan yang diberitakan Allah SWT ini?

Para ulama dan ahli kedokteran berpendapat bahwa makanan terbaik buat bayi adalah air susu ibu atau yang kita kenal dengan ASI, dan masa penyusuan ini adalah dua tahun penuh. Para dokter menekankan bahwa pada air susu ibu (ASI) terbebas dari bakteri dan air susu ibu jauh lebih baik dari produksi susu mana pun. Dokter telah mencatat bahwa anak-anak yang minum botol susu sering mengalami berbagai cedera, meskipun botol ini steril!

Begitu pun hasil konferensi tim dokter saat ini menegaskan bahwa masa kesempurnaan penyusuan adalah dua tahun karena pada masa itu bayi sangat membutuhkan antibodi untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh, dan semua ini hanya ada dalam susu ibu (ASI).

SISI ILMIAH MUKJIZAT AL-QUR’AN

Para ulama menemukan bahwa ASI mengandung zat kekebalan tubuh antibakteri, hal ini telah diberitakan al-Qur’an al-Karim dengan fase kesempurnaan penyusuan “Para ibu menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya… Q.S.Al-Baqarah 2:233. Kata (Haulaini) yang berarti “dua tahun” untuk menekankan perlunya penyusuan dua tahun, dan ini diyakini oleh para ulama saat ini.

Subhanallah ……Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya…. []

 Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.