Mengapa Istri Harus Pandai Kelola Keuangan Keluarga

0

Seorang istri harus pandai mengatur keuangan keluarga. Itu adalah sebuah ungkapan yang memang benar, karena istrilah yang memegang peranan penting dalam kehidupan ekonomi sebuah keluarga.

Sejahtera ataukah terus menerus dalam kekurangan, semuanya tergantung dari kemahiran dan kemampuan sang istri dalam mengatur keuangan. Itulah sebabnya kenapa seorang istri harus handal mengatur keuangan keluarga.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pembenaran dari ungkapan tersebut.

1. Suami sibuk dengan kewajibannya.
Seorang suami yang bertanggung jawab pasti akan memenuhi segala kebutuhan anggota keluarga yang menjadi tanggungannya. Suami rela bekerja keras, dari pagi sampai sore, bahkan ada yang sampai malam demi untuk mencari nafkah yang akan dipergunakannya memenuhi kebutuhan keluarganya.

Dengan waktu yang begitu padat dengan jadwal kerja, maka suami biasanya tidak punya kesempatan lagi untuk mengelola keuangan. Karena itu, suami menyerahkan nafkah kepada istri, yang akan dikelola dan diatur alokasinya oleh sang istri.

Tak peduli berapa pun yang dibutuhkan, istri harus bisa menilai kemampuan suami dalam memberikan nafkah, di sinilah sang istri harus handal mengatur keuangan keluarga, harus bisa memilah dan memilih mana yang memang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan. Jika kebutuhan sudah tercukupi semuanya, maka keinginan pun bisa dipenuhi.

2. Wanita pada kodratnya adalah seorang manajer.
Wanita memang ditakdirkan dan diberikan insting untuk melakukan manajerial atau pengaturan, hanya saja aspek manajerialnya lebih dikhususkan kepada aspek rumah tangga. Bagaimana mengatur waktu untuk diri sendiri, suami atau anak anak. Begitu pula dalam hal keuangan, istrilah yang lebih tahu berbagai keperluan dan kebutuhan dalam rumah tangga, kemudian mengalokasikan nafkah yang diberikan oleh suami.

3. Mengatur nafkah adalah kewajiban.
Dalam hukum agama Islam, mengelola keuangan adalah salah satu kewajiban sebagai seorang istri. Oleh karena itu seorang istri atau istri rumah tangga harus penuh kerelaan hati melakukannya. Itulah beberapa hal yang menjadi pembenaran dari ungkapan istri harus handal mengelola keuangan keluarga.

Sebagai studi kasus, banyak para buruh dengan gaji pas pasan, masih bisa hidup dengan layak tanpa beban hutang dan merasa berkecukupan. Di sisi lain, tidak sedikit para pejabat dan pengusaha dengan penghasilan bulanan puluhan juta, tetapi masih juga hidup dalam lilitan hutang dan penghasilan yang puluhan juta tersebut masih juga terasa kurang.

Salah satu penyebab hal itu adalah “Faktor pengelolaan keuangan keluarga”. Bagaimana bisa mencukupkan apa yang ada, dan menyimpan apa yang menjadi lebihnya. Siapa yang bertugas untuk mengelola hal itu, jawabannya adalah istri rumah tangga. [sumber: perempuan]

 

 Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.