Mengapa Kita Harus Berpuasa? Ini Keutamaan Puasa Bagi Umat Muslim

0

Memasuki bulan suci Ramadhan, setiap muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa. Apa sih puasa itu? Dalam bahasa Arab, puasa adalah ash shiam atau ash shaum yang artinya adalah menahan diri. Sementara itu definisi puasa secara istilah adalah beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari rasa lapar dan haus dan segala hal yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam Qur’an surat Al Baqarah ayat 183 disebutkan bahwa “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. Berdasarkan surat tersebut, maka hal ini menjadi dasar bagi umat muslim bahwasanya puasa yang merupakan salah satu rukun Islam ini adalah hukumnya wajib untuk dijalankan.

Ketika menjalankan puasa, kita sebenarnya sedang diuji 3 jenis kesabaran, yakni pertama adalah kesabaran untuk selalu taat pada Allah, kesabaran untuk menjauhi apa-apa saja yang dilarang oleh Allah, dan sabar terhadap rasa haus, lapar, hingga kesulitan yang dihadapi selama berpuasa. Puasa juga adalah salah satu keutamaan bagi orang muslim yang banyak membawa manfaat untuk diri sendiri. Beberapa keutamaan dan hikmah puasa di antaranya adalah:

  • Berpuasa adalah sebab masuk surga dan menjadi perisai dari api neraka. Menurut hadis riwayat Bukhari, disebutkan bahwa “Di surga ada 8 pintu, di antaranya ada pintu yang di namakan Ar Rayyan. Tidak ada yang bisa memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa”.
  • Ketika menjalankan puasa, maka orang yang berpuasa akan diberikan ampunan dan pahala yang besar oleh Allah SWT. Hal ini seperti tercantum dalam Qur’an Surat Al Ahzab ayat 35.
  • Puasa dapat memberikan syafaat di hari akhir atau hari kiamat.
  • Puasa merupakan ibadah yang tak tertandingi. Berdasarkan hadis shahih dari Ahmad, An Nasa-I disebutkan bahwa “Hendaknya kau berpuasa karena puasa itu ibadah yang tidak ada tandingannya”.
  • Bagi orang yang berpuasa, menjalankan puasa akan menjadikannya orang yang bersyukur atas nikmat Allah.
  • Puasa mendidik kita untuk bisa mengendalikan keinginan dan menahan godaan syaitan.
  • Berpuasa berarti membersihkan diri dari hal-hal yang tidak baik dan berpuasa juga baik untuk kesehatan.

Jika puasa adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim, adakah orang-orang yang justru diperbolehkan untuk tidak berpuasa? Beberapa golongan orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa di antaranya adalah orang yang sakit dan bisa membahayakan kesehatannya jika ia berpuasa, musafir, orang yang sudah tua renta, wanita hamil dan menyusui, orang yang melakukan pekerjaan berat sehingga mengharuskannya untuk membatalkan puasa. Semua orang tersebut diperbolehkan untuk tidak berpuasa, dengan catatan meng-qadha nya di kemudian hari setelah bulan Ramadhan berlalu.

Mari kita jalani puasa Ramadan ini penuh suka-cita. Rasakan nikmatnya bulan kemenangan yang melebihi bulan lainnya. Bulan kemenangan umat muslim seluruh dunia.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline