Mengapa Wanita Harus Alami Menstruasi?

, Mengapa Wanita Harus Alami Menstruasi?

Anda tentu mengalaminya setiap bulan. Tapi pernahkah bertanya, selain karena ketentuan Allah, mengapa wanita harus mengalami haid atau menstruasi?

Menstruasi adalah peristiwa keluarnya sel telur yang tidak dibuahi bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Menstruasi diawali dengan masaknya kelenjar indung tlur sehingga menghasilkan sel telur. Pada saat itu juga rahim (uterus) dipersiapkan untuk kehamilan, yaitu dengan menebalnya dinding rahim yang di dalamnya banyak mengandung pembuluh darah.

Selanjutnya sel telur yang diproduksi di indung telur (ovarium) dilepas keluar menuju saluran telur (tuba fallopi atau oviduk). Dari saluran telur kemudian sel telur menuju rahim.

Jika dalam perjalanan sel telur tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan keluar menuju vagina (liang peranakan) bersamaan dengan luruhnya dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah secara perlahan- lahan. kejadian itulah yang disebut dengan menstruasi.

Lamanya menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda, berkisar antara 3 sampai 8 hari. Siklus menstruasi pada umunya terjadi setiap 28 hari sekali, dihitung dari hari pertama terjadintya menstruasi sampai menstruasi berikutnya.

Bagaimana jika sel telur dalam perjalanan tadi bertemu dengan sperma? jika sel telur bertemu dengan sperma maka terjadilah proses pembuahan. sel telur yang dibuahi disebut zigot, zigot akan berembang menjadi embrio, selanjutnya embrio akan menempel (nidasi) di dinding rahim yang ahirnya wanita akan mengalami kehamilan sehingga tidak terjadi menstruasi. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.