Mengatur Pengeluaran di Awal Bulan

0

 

, Mengatur Pengeluaran di Awal BulanKeuangan sehat di sebuah rumah tangga dimulai dari cara pengeluaran yang juga sehat. Coba perhatikan pengeluaran Anda selama ini apa sesuai dengan empat hal berikut?

Mendesak Penting

Untuk bagian yang ini adalah pengeluaran yang paling sering kita perhatikan
biaya ini contohnya adalah kebutuhan primer (sandang, pangan, dan papan). kebutuhan ini sangatlah vital karena menyangkut kehidupan kita sehari-hari, kita tidak dapat menghindari kepentingan ini dan harus didahulukan apapun konsekuensinya.

Mendesak kurang penting

Biaya ini contohnya adalah biaya cicilan harta dan benda (rumah, mobil, motor, elektronik, dll) untuk menghadapi biaya ini, sebelum melakukan pembelian/penyetujuan pengambilan pinjaman, perlu diperhatikan keadaan ekonomi sendiri, apakah sudah mencukupi kebutuhan yang mendesak dan penting, atur jadwal kita agar kebutuhan ini tidak menumpuk/terjadi bersamaan. jangan biasakan menggunakan angsuran kecuali terpaksa. ingat resiko kehilangan semua angsuran ketika anda tidak mampu membayar angsuran yang jatuh tempo apabila keadaan keuangan mendesak penting tiba-tiba besar.

Penting tidak mendesak
Biaya ini contohnya biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, biaya perbaikan kendaraan (apabila anda memiliki kendaraan pribadi). biaya ini adalah biaya yang seharusnya sudah dianggarkan sebelum terjadi, maka biaya ini dapat ditanggulangi denganAsuransi, agar anda dapat terhindar dari kebingungan karena kekurangan dana, ada baiknya anda mengalokasikan uang anda terlebih dahulu sebelum terjadi. biaya ini diluar tabungan/menabung walaupun sistem pembayarannya seperti menabung.

Tidak penting dan tidak mendesak
Biaya ini contohnya adalah biaya bersenang-senang, rumah mewah, perjalanan wisata, kebutuhan tersier lainnya (handphone mewah, televisi, dll). biaya ini adalah biaya yang dialokasikan apabila seluruh biaya yang sudah terjadi telah terpenuhi. apabila biaya yang lain belum terpenuhi, jangan mengambil/menambah beban anda. perhitungkan bahwa biaya ini sangatlah besar dan tidak murah.jangan pernah mencicil atau meminjam uanguntuk pembayaran benda-benda seperti ini. karena ini bukan kebutuhan anda yang sesungguhnya!

Menabung/investasi
Ini adalah “Biaya” yang Anda harus keluarkan, setelah kebutuhan nomer 1,2 dan 3 terpenuhi, selalu sediakan uang anda untuk ditabung/investasikan agar Anda dapat menggunakan keuangannya dengan lebih bijaksana. gunakan uang hasil investasi/tabungan Anda untuk memenuhi kebutuhan tidak penting dan tidak mendesak seperti nomer 4. [nu-simkuring]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.