Mengemas Pesan

 

, Mengemas PesanOleh: Dudit Setiadi

Sebagai makhluk sosial tentunya kita harus hidup rukun dengan lingkungan sekitar.  Dalam bermasyarakat itulah kita saling menopang untuk terus tumbuh bersama dalam memperbaiki diri dan lingkungan. Proses saling memperbaiki inilah yang terkadang disalah pahami oleh orang yang akan kita beri masukan (nasehat). Dan dalam memberi nasehat ini perlu kepiawaian agar orang yang mau dinasehati tidak merasa tersinggung apalagi merasa di pojokan. bagaimana caranya? Salah satu caranya mengemas pesan dengan unik,  karena

barang yang sederhana ketika dikemas dengan kemasan istimewa akan naik harganya, begitupun dengan pesan kita. Salah satu caranya mengemas pesan dengan cerita unik dan menarik. Dengan cerita biasanya orang akan mengambil hikmah dan menyambungkan cerita dengan dirinya.

Berikut saya tulis ulang sebuah pesan sederhana namun jadi istimewa karena dibalut kemasan yang unik dan cerdas. Saya ambil dari salah satu bukunya Mas Andreas Harefa. Selamat membaca:
Custemer Serivice (CS) : Ya, ada yang bisa saya bantu?
Pelanggan (P) : Baik, setelah saya pertimbangkan, saya ingin menginstal CINTA KASIH. Bisakah anda memandu saya menyelesaikan prosesnya?
CS : Ya, saya dapat membantu Anda, Anda siap melakukannya?
P: Baik, saya tidak mengerti secara teknis, tetapi saya siap untuk menginstalanya sekarang. Apa yang harus saya lakukan dulu?
CS: Langkah pertama adalah membuka HATI Anda. Tahukah Anda di mana letak HATI?
P: Ya, tetapi ada banyak program yang sedang aktif. Apakah saya tetap bisa menginstalnya sementara program-program tersebut aktif?
CS: Program apa saja yang sedang aktif?
P: Sebentar, saya lihat dulu. Program yang sedang aktif adalah BENCI.EXE, SAKIT HATI.EXE, MINDER.EXE dan DENDAM.EXE.
CS: Tidak apa-apa. CINTA KASIH akan menghapus SAKIT HATI.EXE dari sistem operasi Anda. Program tersebut akan tetap ada dalam memori Anda, tetapi tidak lama karena akan tertimpa program lain. CINTA KASIH akan menimpa MINDER.EXE dengan modul yang disebut PERCAYA DIRI.EXE. Tetapi Anda harus mematikan BENCI.EXE  dan DENDAM.EXE. Program tersebut akan menyebabkan CINTA KASIH tidak terinstal secara sempurna. Dapatkah Anda mematikannya?
P: Saya tidak bisa mematikannya. Dapatkah Anda memandu saya?
CS: Dengan senang hati. Gunakan “Start Menu” dan aktifkan MEMAAFKAN.EXE. Aktifkan program ini sesering mungkin sampai BENCI.EXE dan DENDAM.EXE terhapus.
P: Oke, sudah. CINTA  KASIH mulai terinstal secara otomatis. Apakah ini wajar?
CS: Ya, Anda akan menerima pesan bahwa CINTA  KASIH akan terus diinstal kembali dalam HATI Anda. Apakah Anda melihat pesan tersebut?
P: Ya, Apakah sudah selesai terinstal?
CS: Ya, tapi ingat Anda hanya punya program dasarnya.Anda perlu mulai menghubungkan HATI yang lain agar dapat efektif meng-upgrade-nya.
P: Ooops. saya mendapat pesan error. Apa yang harus saya lakukan?
CS: Apa Pesannya?
PERROR 412-PROGRAM NOT RUN ON INTERNAL COMPETENT.  Apa artinya?
CS: Jangan khawatir, itu masalah biasa. Artinya program CINTA KASIH diset untuk aktif di HATI eksternal tapi belum bisa atif di HATI internal Anda. Ini adalah salah satu kesulitan pemrograman, tetapi dalam istilah non-teknis ini berarti Anda harus men-“CINTA KASIH”-i mesin Anda sendiri sebelum men-“CINTA KASIH”-i orang lain.
P: Lalu apa yang harus saya lakukan?
CS: Dapatkah Anda klik pull down directory yang disebut “PASRAH”?
P: Ya, sudah.
CS: Bagus, Pilih sejumlah file berikut dan salin ke “MYHEART”,  MEMAAFKAN-DIRI-SENDIRI.DOC, dan MENYADARIKEKURANGAN.TXT. Sistem akan menimpa file konflik dan mulai memperbaiki program yang salah. Anda juga perlu mengosongkan Recyle Bin untuk memastikan program yang salah tidak muncul kembali.
P: Sudah. Hei! HATI saya terisi sejumlah file baru. SENYUM.MPG aktif di monitor saya dan menandakan bahwa DAMAI.EXE dan KEPUASAN.COM digandakan ke HATI. Apakah ini wajar?
CS: Kadang-kadang orang lain mungkin perlu waktu untuk mendownload-nya. jadi CINTA KASIH telah terinstal dan aktif. Anda harus bisa menanganinya dari sini. Ada satu hal penting lagi.
P: Apa?
CS: CINTA KASIH adalah freeware. Pastikan Anda memberikannya kepada orang lain yang Anda temui. Mereka akan membagikan ke orang lain dan seterusnya sampai Anda menerimanya kembali.
Pesan ini sebenarnya sederhana saja hanya mengingatkan kita tentang pentingnya mengamalkan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga menegaskan bahwa cinta kasih tidak akan sejalan dengan sakit hati, minder, benci dan dendam. Hati yang dikuasai kebencian akan menghambat proses tumbuhnya cinta kasih di dalam hati yang sama. Sebaliknya pertumbuhan cinta kasih akan membuat rasa benci dan dendam menyusut. Lalu ia memberikan tips bahwa untuk mengaktifkan kembali cinta kasih, kita harus bisa memaafkan diri sendiri, memaafkan orang lain yang bersalah pada kita, menyadari kekurangan, memperbaiki diri, lebih sering tersenyum, mengusahakan kedamaian dan seterusnya.
Tidak ada hal yang baru dalam pesan tadi, namun dengan kemasan yang unik menjadi terasa berbeda dan istimewa.
Selamat berkarya untuk anda semua. 🙂
Salam Senyum Bahagia Selalu
Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.