Mengukur Kasih Anak Terhadap Orang Tua

0

 

, Mengukur Kasih Anak Terhadap Orang TuaDi antara kita mungkin ada yang orang tuanya atau salah satu diantaranya telah meninggal, pulang ke hadirat Allah SWT. 
Kalau mereka masih hidup, sebagai rasa bakti anak kepada orang tua, anak dapat memberikan uang, pakaian, tempat tinggal atau sakedar mengajak jalan-jalan.
Tetapi kalau mereka sudah meninggal, apa yang dapat diberikan anak kepada orang tuanya?

Sebagaian besar dari kita pasti sepakat, bahwa salah satu cara untuk berbuat baik kepada mereka memberikan do’a, supaya mendapatkan kebahagiaan di alam akhirat.
Begitulah. Seperti kata pepatah, “Kasih anak sepanjang badan, kasih ibu sepanjang jalan”, tidak bisa dibandingkan.

Oleh karena itu hendaknya kita berbakti pada orang tua kita. Minimal kita mendoakan mereka:
”Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak yang mendoakannya,” (HR. Muslim).

Jika kita tidak berdoa untuk orang tua kita,maka putuslah rezeki kita:
 “Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya,” (HR. Ad-Dailami).

Rasulullah Shallaallahu’Alaihi Wasallam bersabda:
“Keridhaan Allah itu terletak pada keridhaan kedua orang tua, dan (sebaliknya) kemurkaaan Allah (juga) terletak pada kemurkaan kedua orang tua.”

Firman Allah SWT, “Dan Rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain ALLAH,dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah”, dan janganlah kamu membentak mereka. Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”(QS Al Isra:23).
[]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.