Menikahlah, dan Lihatlah Manfaatnya

0

 

, Menikahlah, dan Lihatlah ManfaatnyaNabi.SAW juga bersabda: “Dunia adalah kenikmatan, dan sebaik-baiknya kenikmatan  dunia adalah wanita yang sholihah,” (Hadits Riwayat Muslim no.1467).

Perkataan Nabi di atas jelas sebagai perintah untuk menikah. Menikah memang luar biasa rasanya. Bukan hanya menghalalkan yang tadinya haram, tapi lebih dari itu, menikah juga menjadikan seseorang ajeg dalam hidupnya.

Islam menganjurkan menikah, karena menikah itu mengandung banyak faedah besar bagi pribadi dan masyarakat. Allah.SWT berfirman: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan,” (QS.An-Nuur:32).

Nabi.SAW bersabda: “Wahai kaum muda, barangsiapa di antara kalian yang sudah memiliki  Baa’ah (kemampuan seksual)*, hendaklah ia menikah. Sesungguhnya yang demikian itu lebih dapat memelihara pandangan mata dan kemaluan. barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa. sesungguhnya puasa itu adalah obat baginya,” (Hadits Shshih Riwayat Bukhari no.5066 dan Muslim no.1400).

Maka manfaat pernikahan adalah:

1. Menimbulkan ketenangan dan ketentraman jiwa

Firman Allah.SWT: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir,” (QS.Ar-Ruum:21).

“Mereka (istri-istrimu)  adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka,” (QS.Al-Baqarah:187).

2. Memelihara pandangan mata dan menjaga kemaluan

3. Memperoleh kekayaan sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah.SWT kepada orang-orang fakir dengan firmannya dalam surat An-Nuur:32

4. Melahirkan anak sholih/sholiha yang menyebabkan amal kebajikan seseorang terus mengalir meskipun ia sudah wafat.

5. Memperbanyak keturunan.

6.Terjalinnya perkenalan dan keakraban antar sesama manusia.

7.Dapat membantu berbuat baik kepada orang tua dan menjalin hubungan silaturrahim sehingga mendapat pahala besar dari Allah.SWT.  [berbagai sumber]

Artikel Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.