Menyiapkan Anak Jadi Pemimpin (1)

 

, Menyiapkan Anak Jadi Pemimpin (1)Anak merupakan generasi penerus kita dan suatu bangsa. Oleh karena itu, perlu bagi Anda, sebagai orang tua menerapkan jiwa kepemimpinan pada anak. Agar anak dapat terbiasa memposisikan dirinya sebagai pemimpin. Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada anak.

1. Jujur

Kejujuran merupakan hal paling penting dan mendasar yang wajib diajarkan setiap orang tua kepada anak. Kejujuran harus selalu ditanamkan dalam setiap aspek kehidupan dan perkembangan anak. Dan salah satu cara mudah mengajarkan sikap jujur pada anak adalah memberikan contoh dan teladan.

2. Berani berpendapat

Untuk dapat menjadi pemimpin, seorang anak harus diajarkan untuk dapat mengemukakan pendapatnya. Orang tua harus memberi kebebasan bagi anak untuk mengemukakan dari setiap tindakan. Di sinilah anak akan belajar untuk berani berpendapat.

3. Kenalkan mereka pada pemimpin

Ceritakan pada mereka mengenai sejumlah tokoh pemimpin, entah dari buku cerita, acara di TV, atau orang-orang yang ada di lingkungan Anda. Saat mereka melihat bagaimana pemimpin beraksi, mereka akan tahu bagaimana perilaku seorang pemimpin. Kelak, ia pun akan meniru tingkah laku tersebut.

BERSAMBUNG

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.