Menyiapkan Anak Jadi Pemimpin (2-Habis)

 

4. Tumbuhkan rasa kepercayaan dirinya

Orang tua juga harus menanamkan rasa kepercayaan pada anak. Saat mengkritik anak, orang tua harus sedapat mungkin menghindari menjatuhkan harga dirinya. Misalnya saja jika si anak terlalu banyak makan, hindari kata-kata “Awas nanti gemuk!” lebih baik katakan “Kamu nanti sulit berlari.”

, Menyiapkan Anak Jadi Pemimpin (2-Habis)

5. Lakukan kegiatan yang membantu mereka menunjukkan kemampuan memimpin

Kenalkan mereka pada kegiatan-kegiatan yang membantu mereka melakukan kemampuan memimpin. Misalnya, membantu mengatur barisan teman-temannya saat acara outing dari sekolah. Ketika mereka dibiasakan untuk melakukan hal-hal seperti ini, mereka juga akan mampu mempraktekkannya di rumah maupun di tempat lain.

6. Toleransi

Seorang pemimpin yang baik tentu dapat menerima setiap pendapat dan keputusan meski berlainan dengan apa yang diharapkannya. Karena itu anak harus selalu diajarkan memiliki sikap toleransi sejak kecil. Bantu anak menghargai perbedaan yang ada sehingga ia akan bijak untuk menghargai setiap perbedaan.

7. Bantu mereka menentukan tujuan pribadi

Ketika mereka menentukan tujuan untuk diri mereka sendiri, yang tak ada hubungannya dengan kepentingan orang lain, otomatis mereka akan mendemonstrasikan kemampuan leadership. Sebab, mereka akan memimpin diri mereka sendiri.

8. Mengenal kelemahan

Apa yang disukai seorang anak belumlah baik bagi dirinya. Begitu juga hobi seorang anak belum tentu akan bisa mengarahkan masa depannya. Karena itu orang tua harus bisa mengenali potensi yang dimiliki sang anak. Dengan begitu orang tua dapat mengarahkan masa depan yang baik bagi anak. [Sumber: ip/posyandu/teruskan]

HABIS

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.