Mulianya Kaum Wanita dalam Islam

0 148

muslimah

Mengapa kaum wanita begitu mulia dalam Islam? Hal itu terjadi karena wanita banyak peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seorang ibu, ia memperjuangkan seluruh jiwa raganya untuk membesarkan anaknya. Begitu mulianya wanita, sehingga Islam telah memperhatikan wanita dengan perhatian yang sangat tinggi, memagarinya dengan pembinaan dan perhatian.

Islam mensyariatkan hak-hak wanita yang dapat memperbaiki keberadaannya dan fitrahnya. Hal ini tidak dapat ditetapkan oleh suatu umat pun dari seluruh umat sepanjang masa.

Akan tetapi tatkala wanita telah berpaling dari urusannya yang pokok, urusan yang telah digariskan oleh Islam baginya dan ia lebih memilih sesuatu yang buruk serta menghapus ajaran-ajaran yang baik dalam dirinya, maka ketika itu ia akan berubah menjadi pedang yang membunuh. Pedang yang membinasakan dan merobohkan umat-umat, serta merobek-robek mereka dengan robekan yang buruk.

Pentingnya kita dalam menapak tilas sejarah masa lalu tentang generasi wanita-wanita yang dipuji dan yang dilaknat oleh Allah ta‘aala. Sebuah urgensitas yang harus direnungkan bagi kita seorang muslimah. Bagaimana potret kehidupan kaum wanita di zaman silam?

Kebutuhan akan figur teladan adalah fitrah manusia. Sebab, contoh konkret dan gambaran hidup memberi pengaruh tersendiri yang tidak diberikan oleh paparan teori semata. Oleh karena itu, banyak sekali ayat-ayat yang tertulis di dalam Al-Qur’anul Karim dan datang perintah untuk mengambil pelajaran darinya. Allah ta‘aala berfirman (yang artinya):

“Sesungguhnya, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman” (QS. Yusuf: 111).

Hendaknya seseorang jangan melupakan pelajaran sejarah umat-umat terdahulu. Hal ini dikarenakan penyelewengan dan penyimpangan wanita merupakan sebab utama hancurnya peradaban dahulu dengan kehancuran yang mengenaskan dan turunnya adzab Allah untuk para pelakunya.[buletinzuhairoh]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline