Nikah Siri Online, Apa Pula Itu?

, Nikah Siri Online, Apa Pula Itu?Zaman online begini merambah ke semua hal kehidupan. Bukan hanya soal informasi, atau jualan, ternyata nikah siri pun bisa dilakukan secara online.

Ada yang menawarkan jasa nikah siri biasa, yaitu iklan online hanya bersifat promosi. Pihak pemasang iklan mencarikan penghulu dan wali hakim kemudian mengiklankannya secara online. Namun akad nikahnya tetap secara offline alias tatap muka. Yang menjadi soal adalah, walinya belum tentu sah secara agama. Sebab wanita yang masih memiliki orang tua atau wali nasab, ia tidak berhak menggunakan wali hakim.

Baca Juga

Nah, ada lagi  akad nikahnya dilakukan secara online dengan menggunakan media seperti Skype. Antara calon mempelai dengan penghulu dan saksi tidak perlu tatap muka. Jadi dua insan yang ngebet nikah cukup menghubungi jasa nikah online. Pihak penyedia jasa telah menyediakan penghulu, wali dan saksi yang siap secara online menikahkan mereka. Bagaimana bisa nikah seperti ini?

Nikah siri online juga tentu tidak ketinggalan menjiplak model mut’ah kaum Syiah. Nikah siri ini berlaku pada jangka waktu tertentu.

Yang pasti, nikah sirri online tidak punya kekuatan hukum dan umumnya bisa jadi menggunakan wali yang tidak sah. Karenanya, tidak heran jika para ulama dan kementerian Agama mengharamkan seluruh praktik nikah siri online tersebut. [Sumber: palingkeren.co,/bersamadakwah.net]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.