O, Ini Toh Ancaman Gangguan untuk Perokok Pasif

0

, O, Ini Toh Ancaman Gangguan untuk Perokok PasifTidak semua orang suka merokok. Hanya saja, bila ia sedang bersama dengan orang yang merokok dan menghirup asap dari rokok tersebut, maka dialah perokok pasif. Nah, yang demikian itulah yang akan menerima bahaya paling besar daripada perokok aktif. Karena perokok pasif juga menghirup senyawa kimia berbahaya dari rokok. Dan apabila perokok aktif itu memiliki penyakit, maka tertularlah penyakitnya.

Berikut ada beberapa gangguan kesehatan bagi perokok pasif.

1. Penyakit jantung

Perokok pasif memiliki resiko terhadap penyakit jantung dan serangan jantung karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh asap rokok.

2. Kanker

Salah satu faktor risiko kanker paru adalah perokok pasif. Selain itu, benzena yang terkandung dalam asap rokok juga dapat meningkatkan resiko terjadinya leukemia.

3. Kematian mendadak pada bayi

Bayi yang terkena paparan asap rokok secara terus menerus dapat membahayakan keselamatan jiwanya.

4. Berbahaya bagi para ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya tidak merokok maupun menjadi perokok pasif, karena bisa mengakibatkan berat badan bayi yang dilahirkan tidak normal atau rendah.

5. Penyakit paru

Paparan terhadap asap rokok dapat membahayakan kondisi paru-paru terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Itulah beberapa penyakit yang dapat diterima bagi perokok pasif. Maka dari itu, agar terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut hindarilah orang yang sedang merokok. Bila tak bisa mneghindar maka tutuplah wajah kita menggunakan masker atau sapu tangan. Bila perlu, ingatkan orang yang merokok tersebut agar tidak merokok di dekat Anda terutama ketika berada di tempat umum. [klikdokter/intips-kesehatan]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.