Panduan Khatam Quran di Bulan Ramadhan

0

 

, Panduan Khatam Quran di Bulan Ramadhan“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil),” QS. (Al Baqarah : 185).

Ramadhan sudah setengah jalan. Setengah jalannya lagi Ramadhan sudah akan berakhir. Nah, bagaimana kabar tilawah Anda? Mudah-mudahan sudah khatam ya.

Memang, ada kalanya dengan seabrek urusan dan agenda, sebagan dari kita bisa jadi agak kesulitan untuk tilawah Quran. Padahal, paling tidak, di bulan Ramadhan kita bisa menuntaskan satu kali khatam Quran.

Nah, kalau belum, coba saja tips di bawah ini.

  1. Panduan Khatam 1 kali – Baca 4 lembar surat setiap kali bada shalat sepanjang bulan Ramadhan. ( 4 x 5 = 20 , 20 x 30 = 600 halaman)
  2. Panduan Khatam 2 kali – Baca 8 lembar setiap kali bada shalat sepanjang bulan ramadhan. ( 8 x 5 = 40 , 40 x 30 = 1200 halaman = 2 kali khatam)
  3. Panduan Khatam 3 kali – Baca 12 lembar setiap kali bada shalat sepanjang bulan ramadhan. ( 12 x 5 = 60 , 60 x 30 = 1800 halaman = 3 kali khatam)

Malah hari berpuasa juga tidak semestinya 30 hari, ada tahun-tahun tertentu kita hanya berpuasa untuk waktu  29 hari saja—seperti tahun ini sepertinya. Maka panduan diatas perlu diubah mengikut keadaan.

Yang harus diperhatikan juga adalah halangan-halangan yang biasanya terjadi pada wanita.

  • Keuzuran ‘cuti’ wajib setiap bulan, mungkin 6/7 hari atau paling lama 14 hari.
  • Faktor anak, kesehatan yang tergangu
  • Kesibukan kerja
  • Mudik. Waktu dihabiskan di perjalanan.
  • Di penghujung ramadhan “menyibukkan” diri membuat persiapan idul fitri.

Walau apa pun alasan kita, kita lebih tahu bila waktu kita punya banyak waktu terluang. Jadi, jika kita benar-benar ingin khatam 30 Juz Al-quran , carilah waktu, bukan mencari alasan. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.