Pemimpin yang Baik Modal Kesuksesan Perusahaan

0

Seorang pemimpin seharunya tidak hanya galak, memerintah, dan mengatur karyawan atau pegawainya saja, tetapi yang terpenting adalah menjadi pemimpin yang bijaksana agar disegani dan dicintai oleh setiap karyawannya. Untuk itu, berikut ini tips menjadi pemimpin yang baik dan sukses untuk kemajuan perusahaan, yaitu:

Tips Menjadi Pemimpin yang Baik

  • Down to earth. Sifat yang cukup jarang dimiliki oleh pemimpin adalah down to earth atau rendah hati. Padahal sikap ini sangat penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan pegawai. Dengan sikap rendah hati, pemimpin tidak akan ragu untuk belajar banyak dari pegawai. Oleh sebab itu, pemimpin yang memiliki sikap ini akan lebih disegani oleh pegawai, bahkan relasi.
  • Problem solver. Terkadang seorang pemimpin selalu menyalahkan pegawainya untuk setiap masalah yang dialami perusahaan. Padahal hal tersebut tidak ada gunanya jika tidak mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Menjadi problem solver adalah cara yang paling tepat dengan mengambil keputusan terbaik untuk mengatasi masalah yang ada.
  • Membentuk tim yang berdedikasi. Memiliki ide bisnis yang cemerlang saja tidak akan cukup jika tim yang dimiliki kurang berkomitmen dan kurang berkompeten. Oleh sebab itu, sebagai pemimpin yang baik, sebaiknya membentuk tim yang berdedikasi dengan cara memilih pegawai yang tepat dan membangun karakter tim agar memiliki tujuan yang sama, sehingga bersama-sama meraih tujuan tersebut.
  • Membagikan ide. Terkadang pemimpin memiliki ide-ide yang cemerlang namun tidak dikembangkan dan membagikan ide tersebut kepada karyawannya. Padahal seharusnya ide tersebut dikomunikasikan kepada karyawan, supaya ada solusi yang lebih efektif untuk mengembangkan ide tersebut. Dengan begitu produktivitas setiap karyawan akan meningkat, karena merasa penting dalam tim yang dipimpin.
  • Tetap tenang. Dalam situasi tertentu, reaksi yang berlebihan tidak akan ada gunanya untuk ke depannya. Karena orang-orang akan menilai reaksi pemimpin perusahaan yang mengalami masa-masa sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap tenang sambil terus mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut, supaya brand image perusahaan tetapa terjaga.

Itulah tips menjadi pemimpin yang baik dan paling efektif membawa kesuksesan bagi perusahaan.

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline