Pengaruh Ujian Nasional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

0

Ujian nasional selalu dilaksanakan hampir setiap tahunnya. UN merupakan ujian yang diikuti oleh para siswa SD, SMP, dan SMA. Ujian nasional merupakan ujian akhir dari segala ujian yang sudah dilaksanakan disekolah. Maka dari itu lulus atau tidaknya seorang pelajar salah satunya ditentukan dari ujian nasional.

UN dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelajar di indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan mengadakan ujian nasional.

Ujian nasional sebagai salah satu syarat kelulusan memang memiliki bobot nilai paling tinggi dibandingkan ujian lainnya. UN bukan dipersiapkan selama satu atau dua hari saja. Melainkan, ujian nasional dipersiapkan sejak awal memasuki bangku kelas 3 SMP atau SMA dan kelas 6 SD.

Dalam menghadapi ujian nasional pun para siswa harus memiliki mental yang kuat dan memiliki strategi untuk menghadapi UN. Strategi dapat dilakukan dengan cara mempelajari kisi-kisi yang diberikan di sekolah serta soal-soal UN tahun sebelumnya.

Hal tersebut dapat membantu memberikan gambaran bagi pelajar tentang soal-soal yang bisanya keluar dalam ujian nasional.

Berpengaruhkan Ujian Nasional dalam Meningkatkan Motivasi Belajar?

Under the heading ‘ Motivation’, a marker highlights ‘goal-oriented’

Ujian nasional terkadang menjadi sangat menakutkan bagi para pelajar, mereka sangat takut akan tidak lulus. Saking takutnya akan gagal menghadapi ujian nasional mereka bahkan mengikuti les tambahan dan belajar secara berlebihan untuk menghadapi ujian tersebut.

Belajar memang sangat penting untuk menghadapi ujian. Tetapi, jika belajar dilakukan secara berlebihan, hal tersebut menjadi tidak baik bagi para pelajar. Karena mereka terus memforsir diri mereka sendiri untuk belajar, dan cara belajar tersebut cenderung dipaksakan.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, ujian nasional dapat menimbulkan rasa takut dan cemas dari dalam diri pelajar sendiri. Rasa takut dan cemas tersebut dapat dijadikan motivasi belajar bagi para pelajar untuk menghadapi ujian nasional tersebut.

Namun, itu semua tergantung dari dalam diri pelajar masing-masing. Apakah pelajar menjadikan rasa takut dan cemas menjadi sebuah motivasi untuk belajar atau bahkan sebaliknya, rasa takut dan cemas tersebut malah membuat stress sehingga tidak mampu untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Demikianlah informasi yang kami berikan. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.