Pengen Berhenti Ngemil? Begini Caranya!

0

makan 2Pernahkah Anda merasa terganggu dengan kebiasaan Anda yang suka ngemil? Ya, banyak orang percaya kebiasaan ngemil membuat badan memiliki lemak berlebih. Selain itu juga memboroskan makanan untuk membeli cemilan. Akan tetapi kebiasaan ini bisa Anda hilangkan dengan cara ini.

1. Makan makanan yang sehat dalam jumlah secara teratur (selang 3-5 jam) supaya nafsu makan berkurang. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi nafsu untuk makan / ngemil karena penurunan kadar gula dalam darah dapat membuat Anda tiba-tiba terasa lapar dan merasa harus segera makan / ngemil untuk mencukupi kebutuhan gula tersebut.

2. Cari tahu makanan apa yang tidak bisa Anda tolak untuk dimakan bila melihatnya, setelah mengidentifikasi makanan tersebut maka jauhkan mereka dari dekat Anda. Jangan membawa makanan junk food/cemilan ke rumah, karena jika makanan tersebut tidak tersedia di rumah akan membuat keinginan untuk ngemil tidak terlintas dalam pikiran Anda.

3. Latih diri Anda untuk menahan nafsu makan. Bila Anda merasa ingin ngemil maka cobalan tahan keinginan tersebut selama setengah sampai satu jam, bila waktunya habis dan masih merasa ingin ngemil, makanlah dalam jumlah sedikit saja. Latihan ini sangat efektif karena hasrat untuk ngemil biasanya tidak bertahan lebih dari 20 – 30 menit sehingga saat kita menahannya maka hasrat ngemil hilang dengan sendirinya.

4. Bila Anda merasa setiap saat harus ngemil sesuatu yang manis, maka sebaiknya memilih untuk memakan buah seperti kurma, anggur, kismis, yogurt, blueberry, dll ketimbang snack yang memiliki lemak dan kalori tinggi.

5. Lakukan kegiatan untuk menghilangkan pikiran dari keinginan untuk ngemil. Kebiasaan ngemil biasanya dilakukan saat orang tidak memiliki kegiatan atau sedang sendiri saja, oleh karena itu sebaiknya isi waktu Anda dengan pergi berjalan-jalan dengan teman, merapikan lemari, bersih-bersih, olahraga ringan atau apa saja yang dapat melupakan Anda dari napsu makan berlebih.

6. Banyak orang mulai ngemil saat mereka tidak bahagia, gagal, putus asa, sebagai pelarian untuk menghilangkan stress atau sekedar membuat dirinya menjadi nyaman untuk sementara. Jadi, berusahalah tidak makan ketika merasa emosi tapi carilah cara lain seperti curhat dengan teman, berekreasi, atau melakukan kegiatan lain yg dapat menyenangkan hati.

Yuk Coba! [Sumber: id.tips-trik.net]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline