Pentingnya Menjaga Hubungan Ayah dan Anak dalam Masa Pertumbuhan Anak

0

Dalam sebuah keluarga, ternyata peranan Ayah sangat penting. Sosok Ayah dapat membentuk anak yang lebih siap menghadapi lingkungannya dan mempengaruhi psikologis mereka. Nah, oleh karena itu menjaga hubungan Ayah dan anak perlu dilakukan apalagi dalam masa pertumbuhan anak. Inilah peranan Ayah yang sangat penting bagi masa pertumbuhan anak.

  • Sebagai Pelindung

Ayah adalah sosok pelindung dalam sebuah keluarga sehingga membuat anak merasa terlindungi. Secara tidak sadar peranan Ayah yang satu ini juga membentuk sikap anak yang lebih berani dan terdorong untuk melindungi orang lain.

  • Membentuk Kedisiplinan

Kedisiplinan pada anak bisa dilatih dengan adanya peranan Ayah yang tegas sehingga anak lebih disiplin. Dengan kedisiplinan, seorang anak akan terlatih tanggung jawabnya, termasuk tanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukannya. Serta tanggung jawab  saat beranjak remaja untuk memilih kegiatan yang positif daripada kegiatan negatif yang mendekatkan mereka dengan perilaku menyimpang.

  • Membentuk Rasa Percaya Diri

Ayah biasanya membimbing anak dalam melakukan aktivitas fisik seperti bermain bola, melati bersepeda, atau kegiatan out door lainnya. Kegiatan Ayah dan anak dalam melakukan aktifitas fisik dapat melatif keberanian anak sehingga lebih percaya diri dalam menghadapi dunia luar dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya termasuk percaya diri dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler saat di sekolah.

  • Lebih Cerdas

Banyak penelitian membuktikan kehadiran Ayah akan melatih kemampuan kognitif atau fungsi otak yang akan menunjang keberhasilan dalam akademik serta kecerdasan emosional dalam lingkungannya.

  • Melatih Kemandirian

Ayah merupakan pemimpin di lingkungan keluarga. Kebiasaan Ayah yang seringkali menjadi pengambil keputusan di dalam keluarga bisa melatih jiwa kepemimpinan pada anak. Ayah sebagai pemimpin keluarga juga seringkali menunjukkan kemandirian seperti membetulkan genteng yang bocor, membetulkan mobil, membetulkan listrik yang bermasalah, aktivitas tersebut dapat melatih anak untuk bersifat lebih mandiri.

Nah, karena menjaga hubungan Ayah dan anak dapat memberikan dampak positif bagi anak, maka sudah seharusnya Ayah membangun hubungan yang baik dan meluangkan waktunya untuk bermain atau berinteraksi dengan anak.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline