Pentingnya Quality Time Bulan Ramadhan bersama Keluarga

0

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bulan Ramadhan pula menjadi salah satu bulan yang tepat untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Saat bulan Ramadhan, terdapat banyak sekali quality time yang dapat dihabiskan bersama dengan keluarga. Sebenarnya, quality time bulan Ramadhan bersama keluarga penting tidak, sih? Kesibukan orang tua untuk bekerja menjadi salah satu jurang pemisah antara anak dan orang tua. Sehingga tak sedikit anak yang tidak begitu dekat dengan orang tuanya karena sibuk bekerja. Oleh karena itu diperlukan waktu bersama dengan keluarga. Berikut ini adalah pentingnya menghabiskan waktu bersama dengan keluarga saat bulan Ramadhan.

  • Membangun Komunikasi

Dengan adanya quality time bulan Ramadhan bersama dengan keluarga ternyata menjadi salah satu cara untuk membangun komunikasi antara anggota keluarga. Kesibukan orang tua ternyata sangat mempengaruhi keharmonisan dalam berumah tangga. Sehingga intensitas bertegur sapa diantara keluarga menjadi sangat minim. Salah satu cara untuk mengembalikan keharmonisan keluarga yaitu adanya komunikasi yang baik. Saat bulan Ramadhan, terdapat beberapa waktu yang tidak bisa didapatkan saat tidak puasa. Misalnya, adanya sahur dan buka puasa bersama keluarga. Momen ini tidak boleh dilewatkan karena momen tersebut merupakan situasi dimana seluruh anggota keluarga berkumpul bersama sehingga komunikasi yang dahulunya intensitasnya cukup sedikit menjadi lebih sering.

  • Meningkatkan Keimanan

Quality time bulan Ramadhan tidak hanya dapat membangun komunikasi antara anggota keluarga menjadi lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan keimanan seseorang. Keimanan tersebut dapat terlihat dengan adanya beribadah bersama ke masjid. Selain dapat meningkatkan keimanan secara individu, quality time pada saat bulan Ramadhan juga bisa memberikan efek yang sangat baik yaitu meningkatkan rasa cinta terhadap Islam. Dengan mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk beribadah bersama juga bisa menjadi salah satu cara menanamkan nilai-nilai agama Islam sejak dini. Misalnya saja, saat liburan kerja mulai tiba yaitu pada akhir minggu, sisakan waktu Anda untuk beribadah bersama dengan keluarga.

  • Meningkatkan Sosialisasi Langsung

Pentingnya menghabiskan quality time bersama dengan keluarga yaitu dapat meningkatkan sosialisasi secara langsung. Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam menjalani kehidupannya akan membutuhkan interaksi secara sosial. Namun, dengan adanya gadget saat ini, memberikan dampak yang cukup besar yaitu penggunaan gadget yang semakin sering sehingga membuat beberapa orang enggan bertegur sapa. Oleh karena itu, adanya quality time saat bersama keluarga di bulan Ramadhan memberikan dampak yang besar yaitu mengurangi penggunaan gadget sehingga dapat meningkatkan sosialisasi secara langsung.

Setelah melihat manfaat quality time bulan Ramadhan bersama keluarga, Anda tentu setuju bahwa quality time sangatlah penting. Dengan adanya bulan Ramadhan, biasanya orang tua akan pulang lebih awal sehingga dapat menghabiskan waktu untuk berbuka, sahur bahkan ngabuburit bersama.

 Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.